Stok Cukup Jelang Lebaran, Masyarakat Diminta Tenang

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Jelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H, Biro Administrasi Perekonomian dan Sumber Daya Alam Setda DIY selaku Sekretariat II TPID DIY melakukan pemantauan ke pasar tradisional pada kabupaten/kota se-DIY di Pasar Wates, Selasa (13/06/2017). Berdasar pantauan stok barang cukup dan harga relatif stabil tidak ada lonjakan.

Dalam pantauan di Pasar Wates, Tim Pemantau dari DIY dipimpin Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY, Ir Gatot Saptadi dan Tim Pemantau dari Kabupaten Kulonprogo yang dipimpin Wakil Bupati, Drs H Sutedjo didampingi organisasi perangkat daerah (OPDY) terkait. Sutedjo menyatakan, stok barang cukup tersedia dan harga masih stabil. Bahkan harga daging ayam ada yang turun.

"Dengan stok yang cukup tersedia dan harga yang stabil, diharapkan masyarakat yang tetap tenang. Masyarakat agar tetap cermat dengan  membeli barang yang belum kadaluwarsa meskipun dari hasil pemantauan tidak ditemukan barang yang kadaluwarsa," kata Sutedjo.

Sutedjo mengapresiasi kepada para produsen makanan dan pedagang yang tetap memakai bahan yang aman untuk dikonsumsi. "Kami imbau untuk tidak menggunakan bahan yang berbahaya bagi konsumen atau menjual barang yang kadaluwarsa," tandasnya.

Hal senada dikemukakan Ir Gatot Saptadi. Dikatakan, harga relatif stabil dan menyumbangan inflasi yang sangat kecil. Berharap pemerintah pusat tidak membuat kebijakan baru terkait listrik dan gas agar inflasi bisa tetap terjaga.

"Berharap kebijakan pemerintah terkait listrik, gas tidak ada kebijakan baru, sehingga inflasi bisa terjaga, masyarakat nyaman dalam aktivitas ekonomi," tutur Gatot sambil menambahkan pula.
Terkait tindakan terhadap penimbun, bila dijumpai ada penimbunan, maka Satgas dari Polda dan Polres yang akan melakukan tindakan. (Wid)

BERITA REKOMENDASI