Surat Aspirasi, Dinas dan Bupati Dicurhati Pedagang Pasar Wates

Editor: KRjogja/Gus

WATES (KRJOGJA.com) – Pedagang Pasar Wates yang pernah menjadi korban pencurian melayangkan surat aduan kepada pihak pengelola Pasar Wates dan Dinas Perdagangan Kulonprogo. Surat berisi aspirasi dan aduan tersebut ditembuskan pula kepada Bupati Kulonprogo dr H Hasto Wardoyo SpOG(K). Surat aduan dibacakan bersamaan tumpengan dan doa bersama di lantai atas Pasar Wates, Rabu (27/12/2017), yang dihadiri sejumlah pedagang, petugas keamanan dan Lurah Pasar Wates. 

Surat pengaduan disampaikan karena selama ini para pedagang sudah diwajibkan membayar retribusi jasa keamanan setiap bulan. Dari pembayaran iuran itu, para pedagang berharap ada rasa tenang dan tidak khawatir terhadap keamanan barang dagangan. Tetapi yang terjadi, kios para pedagang masih menjadi sasaran pencurian, dan nominal kerugian tidak sedikit. 

Dalam surat aduan, nama-nama pedagang yang pernah menjadi korban pencurian dicantumkan. Barang dagangan yang menjadi sasaran berupa rokok, pakaian, serta uang tunai. Kejadian terakhir menimpa kios milik Sumilah (60), kecurian slop rokok berkisar Rp 15 juta, Rabu (13/12/2017). Dengan kejadian tersebut, para pedagang mempertanyakan tanggung jawab Lurah Pasar dan petugas keamanan setempat.

Baca Juga:

Kuis Pesona Libur Akhir Tahun Berhadiah Paket Spa
'Nuthuk', Polisi Ciduk Tiga Jukir Liar di Alun-Alun Utara
Bus Sahabat Ludes Terbakar
 

Dipertanyakan pula pada  Dinas Perdagangan Kulonprogo, untuk evaluasi kinerja Lurah Pasar Wates dan petugas keamanannya. Para pedagang meminta pula dinas untuk memasang kamera pengintai CCTV di setiap sudut atau sisi pasar yang dianggap rawan demi meningkatkan keamanan.

Terkait hal itu, dikatakan Lurah Pasar Wates, Juni Pristiwanto, pihaknya sudah mengajukan bantuan CCTV kepada dinas terkait, tetapi belum ditindaklanjuti karena keterbatasan anggaran. "Tentang keamanan, pihaknya selalu berkoordinasi untuk meningkatkan keamanan pasar,” ujarnya.

Salah satu petugas keamanan Pasar Wates, Sarwanto menyatakan, upaya pengamanan di Pasar Wates sudah dilakukan optimal. "Kita berharap kejadian pencurian tidak terjadi lagi," katanya. (Wid)

 

BERITA REKOMENDASI