Surat MK Belum Turun, Penetapan Cabup dan Wabup Terpilih Ditunda

WATES (KRjogja.com) – Penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kulonprogo 2017 terpilih yang sedianya dijadwalkan Rabu (08/03/2017) hingga Jumat (10/03/2017), ternyata mundur. Hal tersebut karena surat keterangan dari Mahkamah Konstitusi (MK) terkait tidak adanya gugatan perselisihan hasil pemilihan (PHP) Pilkada 2017, belum keluar. Perubahan jadwal ini akan segera dituangkan dalam SK Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulonprogo.

"Pilkada di Kulonprogo terkait hasil rekapitulasi suara nihil gugatan. Surat keterangan MK berisi kepastian daerah yang tidak ada PHP atau sengketa Pilkada. Saat ini kami harus menunggu surat keterangan MK tentang itu (nihil gugatan). Surat dari MK  diperkirakan awal pekan ini, tapi ternyata meleset. Berdasar informasi, MK akan mengeluarkan surat tersebut pada Senin (13/03/2017) mendatang. Itu batas akhir registrasi untuk gugatan. Setelah itu baru ada kepastian untuk daerah mana yang tidak ada PHP atau sengketa Pilkada," kata Ketua KPU Kulonprogo Muh Isnaini STP MM, Selasa (07/03/2017).

Isnaini belum dapat memberikan keterangan pasti kapan jadwal pasti penetapan paslon terpilih akan dilakukan. Pihaknya baru akan membahasnya. "Pokoknya masih menunggu dan belum bisa memastikan kapan Surat MK datang," katanya.  

Terpisah, dikatakan Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kulonprogo Tamyus Rochman, jadwal penetapan paslon terpilih harus diubah. "Sebab menyesuaikan SK dari MK yang memuat tidak adanya gugatan PHP Pilkada 2017," tandasnya. (Wid)

BERITA REKOMENDASI