Survey Lokasi Jalan Tol Cilacap – Semarang Resahkan Warga Pengasih

Editor: KRjogja/Gus

PENGASIH (KRjogja.com) – Wacana pemerintah pusat membangun ruas jalan tol Cilacap – Semarang melewati wilayah Kulonprogo mendapat keluhan dari warga Desa Karangsari Kecamatan Pengasih. Hal itu dipicu karena wacana pembangunan infrastruktur tersebut tidak didahului dengan sosialisasi, tiba-tiba petugas dari kementrian melakukan survey harga tanah. Ironisnya Pemkab Kulonprogo tidak dilibatkan dalam kegiatan tersebut.

 

Warga Karangsari Darmono membenarkan, beberapa waktu lalu ada orang mengaku dari pusat melakukan survey rencana pembangunan jalan tol di Pedukuhan Cekelan. Bahkan tim juga melakukan pengecekan dan mengebur, untuk mengetahui lapisan tanah. “Hanya di Cekelan yang dibur," katanya, Jumat (23/12).

Darsono melanjutkan survey dan pengeburan tanah tersebut menimbulkan keresahan warga lantaran belum pernah mendapat sosialisasi. Termasuk di pedukuhan lain juga belum ada sosialisasi. Sehingga tidak diketahui arah survey ke barat atau ke utara. "Informasinya hanya sebatas jalan tol yang akan menghubungkan Cilacap dan ke utara tembus Magelang dan Semarang. Sementara dalam kegiatan juga tidak ada pendampingan dari Pemkab Kulonprogo," tuturnya.

Kabag TI dan Humas Setda Kulonprogo yang juga warga Desa Karangsari, Drs Ariyadi MM menambahkan, memang banyak warga di lingkungan tempat tinggalnya menanyakan masalah tersebut. "Saya hanya menjawab itu kegiatan pusat dan daerah belum ditembusi," katanya.

Sementara itu Sekda Kulonprogo Ir RM Astungkoro mengakui beberapa waktu lalu sempat muncul wacana pembangunan jalan tol di tingkat pusat. Tapi masih dalam kajian dan belum menjadi rencana strategis dalam waktu dekat ini. Pemerintah daerah belum banyak dilibatkan dalam perencanaan pembangunan jalan tol tersebut. “Pembangunan jalan tol itu masih wacana dan daerah belum tahu,” jelasnya.

Astungkoro menambahkan, karena belum dilibatkan maka pemkab juga tidak bisa memberikan informasi pasti dan rinci mengenai titik-titik yang akan jadi jalur jalan tol. Termasuk kemungkinan dari wilayah Desa Karangsari ke utara, Kalibawang atau ke arah barat juga belum diketahui. “Untuk akses bandara masih menggunakan jalan Nasional. Jalur ke utara Sentolo dan Kalibawang juga akan diperlebar,” ujarnya.

Informasi yang beredar, jalur tol tersebut merupakan rencana pembangunan nasional di selatan Jawa yang akan menghubungkan Cilacap sampai Kulonprogo terintegrasi dengan bandara. Jalur ini juga akan terhubung dengan jalan tol menuju Magelang dan Semarang. (Rul)

BERITA REKOMENDASI