Sutedjo Panen Durian di Lahan Kritis

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com -Bupati Kulonprogo Drs H Sutedjo melakukan panen perdana durian dari tanaman buah-buahan di kawasan Embung Kleco, Kalurahan Giripurwo, Kapanewon Girimulyo, Rabu (17/02/2021) kemarin. Tanaman durian dan jenis tanaman buah lain, mulai berbuah pada saat umur tanaman sekitar empat tahun.

Kawasan Embung Kleco merupakan salah satu dari dua embung di Kulonprogo dinilai berpotensi dikembangkan tanaman durian. Kawasan embung di lereng bukit yang luasnya mencapai sekitar 20 hektare (ha) ditanami tanaman durian dan kelengkeng.

Dua kawasan embung lainnya meliputi kawasan Embung Tonegoro di Kalurahan Banjaroya, Kapanewon Kalibawang dan kawasan Embung Gorolangu di Kalurahan Sidoharjo, Kapanewon Samigaluh. Ketiga kawasan embung dikembangkan tanaman durian dan jenis tanaman buah lainnya.

”Keberhasilan menanam durian di Embung Kleco perlu dikembangkan di kasawan embung lainnya. Sebelumnya mengembangkan tanaman durian di kawasan Embung Tonegoro dan berikutnya, kawasan Embung Gorolangu,” ujar H Sutedjo, seusai memanen durian di Embung Kleco.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kulonprogo, Muh Aris Nugroho mengungkapkan hendak mengembangkan menjadi agroeduwisata di ketiga kawasan embung tersebut. Khususnya, pengembangkan tanaman durian dan bebarapa jenis tanaman buah lainnya.

Sektor pertanian berupaya mengembangkan tanaman buah-buahnya sekaligus media pembelajaran yang sudah menjalin kerjasama dengan salah satu pergurutan tinggi. Sedangkan Dinas Pariwisata (Dispar) mengupayakan embung yang ada menjadi salah satu daya tarik wisata. (Ras)

BERITA REKOMENDASI