Tahap Pertama, Kulonprogo Terima 5.480 Dosis Vaksin Sinovac

Editor: KRjogja/Gus

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Sebanyak 5.480 dosis vaksin Covid-19 di terima Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kulonprogo pada pendistribusian tahap pertama, Rabu (27/1). Penyerahan vaksin dari Dinkes DIY ditandai dengan penandatanganan berita acara oleh Kepala Dinkes Kulonprogo dr Sri Budi Utami MKes disaksikan Kepala Kesbangpol Budi Hartono dan perwakilan Diskominfo serta TNI/ Polri.

“Tahap pertama pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kulonprogo pada Jumat (29/1) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wates. Pencananganan vaksinasi diawali dengan penyerahan vaksin kepada Pak Bupati Drs Sutedjo kemudian dilanjutkan penyuntikan vaksin terhadap sepuluh pejabat dan tokoh masyarakat meliputi pak wakil bupati (wabup), ketua dewan, kapolres, dandim, perwakilan Muhammadiyah, NU, Kristen, katolik, Hindu dan Budha,” kata Kepala Dinkes setempat dr Sri Budi Utami dalam jumpa pers di aula rumah sakit setempat, Rabu (27/1).

Pada tahap pertama vaksinasi menyasar 2.740 tenaga kesehatan (nakes). “Kalau waktunya memungkinkan maka pemberian vaksin pada hari pertama akan ditambah sepuluh orang lagi yakni Kepala Dinkes, para direktur rumah sakit rujukan dan perwakilan organiasi profesi kesehatan. Tapi prinsipnya kami prioritaskan sepuluh pejabat dan tokoh masyarakat dulu,” tegasnya.

Agenda selanjutnya ungkap dr Sri Budi Utami pendistribusian semua fasilitas yang sudah disiapkan ke tempat-tempat vaksinasi yaitu 21 puskesmas, RSUD Wates, RSUD Nyi Ageng Serang dan Klinik Bhayangkara. “Agenda berikutnya pelaksanaan vaksinasi terhadap petugas pelayanan kesehatan langsung sebanyak 2.740 orang,” ujarnya menambahkan setiap orang akan mendapat dua dosis vaksin Covid-19.

Sementara itu Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo drg Baning Rahayujati mengatakan, pemberian vaksin merupakan salah satu upaya agar seseorang terhindari dari Covid-19. Pencegahan utamanya tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan melaksanakan 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak).

BERITA REKOMENDASI