Tahun 2021, Perumda BPR Bank Kulonprogo Raup Laba 5 M

Editor: Agus Sigit

KULONPROGO, KRJogja.com – Di tengah terpaan pandemi Covid-19 pada 2021 lalu, Perusahaan Umum Daerah Bank Perkreditan Rakyat (Perumda BPR) Bank Kulonprogo ternyata mampu menunjukkan kinerja yang baik. Dari sisi aset, kredit dan laba semuanya meningkat cukup signifikan.
“Sampai akhir tahun 2021, laba Bank Kulonprogo mencapai Rp 5,27 miliar atau mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya yang hanya Rp 3,6 miliar,” kata Dirut Perumda BPR Bank Kulonprogo, Joko Purnomo SH SPd saat penarikan undian Tabungan Manunggal, Binangun dan Piranti periode Juli-Desember 2021 di Ballroom Yudhistira lantai tiga kantor Perumda BPR Bank setempat, Rabu (12/1).
Selain Bupati Kulonprogo Drs Sutedjo nampak hadir Wakil Bupati Fajar Gegana unsur pengawas bank milik Pemkab Kulonprogo tersebut serta Notaris.  Joko Purnomo mengungkapkan, pada 2021 aset Bank Kulonprogo juga mengalami peningkatan dari Rp 523 miliar jadi Rp 550 Miliar atau naik sekitar 5 persen. Bank berslogan ‘Membangun Bersama Bank Kulonprogo’ tersebut juga telah menyalurkan kredit sebesar Rp 341,7 miliar kepada masyarakat, sementara deposito mencapai Rp 158.8 m.
“Selain itu Bank Kulonprogo juga menghimpun Rp 315,5 miliar dana tabungan masyarakat yang dipercayakan kepada kami untuk dikelola,” ujarnya.
Capaian kinerja positif tersebut ungkap Joko Purnomo tidak lepas dari dukungan kuat Pemkab Kulonprogo dan seluruh direksi, karyawan serta masyarakat nasabah. Dukungan tersebut diharapkan mampu memacu lebih banyak lagi masyarakat tertarik menabung di Bank Kulonprogo. “Mari membangun Kulonprogo bersama Perumda BPR Bank Kulonprogo, mari membela Kulonprogo dengan membeli produk Kulonprogo,” ajak Joko.
Sementara itu hadiah utama berupa sepeda motor untuk undian Tabungan Manunggal (tabungan lembaga) diraih Kalurahan Giripurwo, sedang hadiah utama satu unit mobil untuk tabungan Binangun dan tabungan Piranti (tabungan perorangan) diraih Pujiwati warga Wonosidi Wates.
Bupati Kulonprogo Drs H Sutedjo mengapresiasi peningkatan kinerja Perumda BPR Bank Kulonprogo pada 2021 tersebut. Menurutnya dengan kinerja yang bagus berarti bank milik masyarakat Kulonprogo tersebut benar-benar sudah semakin tangguh untuk bersaing dengan perbankan lainnya di tengah-tengah ketatnya kompetisi.
“Capaian kinerja Bank Kulonprogo cukup membanggakan, kami harap terus memacu diri, karena rivalitas perbankan dewasa ini cukup ketat dan berat,” kata bupati menyampaikan terima kasih Perumda BPR Bank Kulonprogo selama ini telah berperan aktif dalam pembangunan di berbagai bidang dan sektor.
“Saya berharap kerjasama yang telah terjalin baik selama ini dilanjutkan dan semakin ditingkatkan, demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kulonprogo, karena sebagian hasil dari Perumda BPR Bank Kulonprogo juga untuk mendukung pelaksanaan pembangunan daerah kita,” jelas Bupati Sutedjo. (Rul)

BERITA REKOMENDASI