Talang Irigasi Kalibawang Jebol, Tanaman Padi Terancam Kekeringan

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Talang saluran induk irigasi Kalibawang di atas Kali Tarung, Pantok Wetan, Kalurahan Banjaroyo, Kapanewon Kalibawang atau di Kilometer (Km) 2 jebol yang diduga disebabkan usia konstruksi bangunan saluran sudah tua, Rabu (22/9/2021) sekitar pukul 05.15 WIB.

Pintu kuras di ujung talang saluran dan jembatan jalan inspeksi terletak bersebelahan dengan bangunan talang saluran induk irigasi yang jebol juga ikut longsor, hanyut terbawa arus air. Saluran irigasi putus total tidak dapat dialiri air untuk pertanian.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPKP) Kulonprogo, Gusdi Hartono mengungkapkan secara informal dan segera diikuti secara resmi telah melaporkan talang saluran induk irigasi Kalibawang yang jebol ke Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWS-SO).

“Perlu penanganan darurat agar air tetap bisa mengalir untuk menyelamatkan tanaman padi. Talang saluran irigasi yang jebol berdampak, luasan sawah kurang lebih 2.100 hektare (ha) terancam tidak mendapat pasokan air pertanian,” ujar Gusdi Hartono di sela-sela meninjau talang saluran induk irigasi jebol di Pantok Wetan, Rabu (22/9/2021).

BERITA REKOMENDASI