Tampilkan Beragam Kreasi, Karnaval Kemerdekaan Meriah

KULONPROGO (KRjogja.com) – Kreasi keanekaragaman seni budaya ditampilkan 61 peserta dalam Lomba Karnaval Budaya Semarak Kemerdekaan RI, Minggu (21/8/2016). Kegiatan dalam rangkaian memperingati HUT Ke-71 Proklamasi Kemerdekaan RI tingkat kabupaten ini kini ditangani oleh Dinas Kebudayaan.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, rute karnaval dimulai start dari Lapangan Pengasih-pertigaan kecamatan (ke selatab)-pertigaan Dayakan- Serut-UNY Kampus Wates-Jalan Bhayangkara-Alun-alun Wates -Perlintasan Kereta Api Timur-Pasar Wates-pertigaan Kantor Pos Wates-finish di Gedung Kesenian.

Kreasi yang ditampilkan peserta karnaval bervariasi, dari mulai bertemakan kurangi sampah plastik demi Indonesia lebih baik, wujudkan swasembada pangan, hingga maskot "Beong Progo" KPU bersosialisasi pemilihan bupati dan wakil bupati.

Dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan Drs Untung Waluyo, karnval yang tahun ini dikoordinasi  Dinas Kebudayaan, tidak hanya tampil jalan, tapi peserta diwajibkan memberi sentuhan budaya. "Ini memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berperan aktif dalam turut melestarikan budaya bangsa, dan dapat memotivasi regenerasi dalam mempertahankan dan mengembangkan seni budaya bangsa yang  yang kreatif, inovatif dan aktif," kata Untung. (Wid)

 

BERITA REKOMENDASI