Tanamkan Nasionalisme Lewat Pizza Merah Putih

WATES (KRjogja.com) – Peringatan HUT ke-71 Kemerdekaan RI pada Agustus ini, menjadi kesempatan tersendiri bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Di Kulonprogo, seorang pelaku UMKM, Mema Wahyuningrum, berkreasi membuat puding dan pizza merah putih, sebagai upaya menanamkan rasa nasionalisme pada anak. Saat ditemui wartawan di kediamannya, Bendungan Kidul, Wates Kulonprogo, Jumat (19/8/2016), Mema tengah asyik membuat adonan pizza. Sudah beberapa hari terakhir, ibu satu putra ini berkreasi membuat puding dan pizza merah putih, menyerupai warna bendera Indonesia.

Untuk membuat pizza, Mema hanya membutuhkan bahan-bahan sederhana seperti tepung terigu, gula pasir, margarin, fermipan serta beberapa bahan untuk topping seperti sosis, jagung rebus, keju juga bakso. Harga bahan-bahan tersebut relatif terjangkau di kantong ibu rumah tangga. "Bahan-bahan ini diaduk rata. Setelah didiamkan selama 15 menit, adonan digiling menjadi tipis, dan diletakkan pada wadah alumunium," jelasnya.

Warna merah pada pizza, dibuat Mema dari potongan sosis dicampur saus tomat dan saus sambal, kemudian warna putihnya didapat dari parutan keju. Di atasnya, Mema menata butiran jagung hingga membentuk angka 71, sesuai usia kemerdekaan RI.

Setelah itu, adonan tersebut dimasukkan ke dalam oven dan dipanggang selama 30 menit. Pizza merah putih hasil kreasi Mema pun siap disajikan untuk menu makan anak-anak."Untuk pudingnya lebih gampang, tinggal dipilih yang warna merah, kemudian dilapisi warna bening yang dicampur susu hingga menjadi putih," kata Mema. (Unt)

 

BERITA REKOMENDASI