Tanggul Serang Diperkuat

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Masyarakat Pedukuhan Kuncen Desa Bendungan kerja bakti memperkuat tanggul Sungai Serang menggunakan karung berisi pasir. Kondisi tanggul sungai di musim hujan cukup mencemaskan masyarakat sekitar.

Dukuh Kuncen Desa Bendungan, Krisbiyanto mengatakan, tanggul yang panjangnya ratusan meter terletak di belokan sungai. Tanggul dari tanah terus tergerus akibat peningkatan arus sungai di musim hujan.

Baca juga :

PHRI DIY Diminta Fokus Promosikan Pariwisata
Perbaikan Talut Longsor Prioritas

Lebar tanggul bagian atas yang sebelumnya mencapai sekitar tiga meter, hanya tinggal sekitar satu meter. Di balik tanggul padat permukiman penduduk. Terdapat tiga titik longsor di sepanjang tanggul yang terancam jebol.

"Masyarakat Kuncen dan sekitarnya berinisiatif bekerja bakti memperkuat tanggul sungai. Jangan sampai tanggul sungai jebol jika terjadi banjir besar," ujar Krisbiyanto.

Menurutnya, kondisi tanggul dari tanah di sepanjang Sungai Serang di wilayah Desa Bendungan perlu mendapatkan perhatian pemerintah. Di balik sepanjang tanggul sungai merupakan permukiman padat penduduk.

Pemerintahan Desa Bendungan, katanya, sekitar 2016 pernah mengajukan permohonan ada pembangunan tanggul yang terancam jebol. Hingga musim hujan tahun ini belum juga dapat direalisasikan. (Ras)

BERITA REKOMENDASI