Tanjung Adikarto Fair Digelar Mulai Malam Takbir

Editor: Ivan Aditya

KULONOROGO, KRJOGJA.com – Selama masa libur Lebaran 2017, berbagai kegiatan bakal meramaikan Pelabuhan Perikanan Tanjung Adikarto di Desa Karangwuni Kecamatan Wates. Kegiatan yang dikemas dalam ‘Tanjung Adikarto Fair’ diadakan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Adikarto Manunggal Desa Karangwuni akan berlangsung mulai Sabtu (24/06/2017) hingga Sabtu (01/07/2017).

Rangkaian Tanjung Adikarto Fair diawali dengan takbir keliling dari Masjid Nurul Huda Karangwuni dan finish di kompleks pelabuhan. Gema takbir disertai pesta kembang api dan penerbangan sekitar 500 lampion terbang.

Kemudian ada pasar malam mulai Senin (26/06/2017), pentas seni jatilan pada Selasa (27/06/2017), pentas seni angguk Rabu (28/06/2017), pentas organ tunggal Kamis (29/06/2017), parade band pada Sabtu (01/07/2017) dan malam harinya festival malam lampion (Night Sky Lantern Festival) menerbangkan 1.500 lampion terbang.

Dikatakan Sekretaris Pokdarwis Adikarto Manunggal, Karwa Azis Purwanto, acara takbir, Pokdarwis menyiapkan 500 lampion dan pada festival malam lampion disiapkan 1.500 lampion. Pengunjung bisa ikut menerbangkan dengan terlebih dulu memesan kepada panitia. Ada pula perahu dan kereta wisata keliling kolam pelabuhan.

"Event ini dilaksanakan atas dukungan Dinas Kelautan dan Perikanan DIY untuk mengoptimalkan Pelabuhan Perikanan Tanjung Adikarto agar bisa bermanfaat dan memberdayakan masyarakat sekitar. Terutama masyarakat yang dulu lahannya digunakan membangun pelabuhan," kata Karwa kepada KRJOGJA.com, Jumat (23/06/2017).

Sebelum pelabuhan beroperasi, kata Karwa, bisa bermanfaat dan memberdayakan masyarakat. Serta harapannya ke depan pelabuhan selain jadi pelabuhan perikanan bisa pula sebagai pelabuhan wisata perikanan.

"Bagi Pokdarwis, event ini sebagai momentum mengembangkan Pantai Karangwuni agar menjadi destinasi wisata. Dibukanya Pelabuhan Tanjung Adikarto diharapkan bisa ikut meramaikan Pantai Karangwuni," ujarnya.

Pihaknya punya rencana mengembangkan pantai dan khususnya ekonomi kreatif bagi masyarakat Karangwuni. Retribusi sudah dipayungi Peraturan Desa (Perdes) Karangwuni nomor 5 Tahun 2017 tentang Pungutan Atas Layanan Objek Wisata Desa Karangwuni, dan Perdes Karangwuni Nomor 16 Tahun 2017 tentang Penunjukan Pokdarwis Adikarto Manunggal sebagai Pelaksana Pemungutan Atas Layanan Objek Wisata Desa Karangwuni. (Wid)

BERITA REKOMENDASI