Target 2 Juta Turis Asing, Sultan Tunggu Penerbangan Internasional BIY Dibuka

Editor: KRjogja/Gus

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Untuk menunjang operasional BIY sekaligus guna mendukung peningkatan kunjungan wisatawan manca negara ke Indonesia melalui BIY maka infrastruktur aksesibilitasnya juga akan dibangun. Presiden Jokowi menegaskan pemerintah akan menyediakan slot yang besar untuk mengundang penerbangan dari luar negeri sehingga semakin banyak turis datang melalui BIY.

"Kalau nanti sudah datang direct flight

dari luar negeri, baru kita berhitung sektor pariwisata. Paling penting, di sini ada ruang sangat besar. Tugas Kemenpar dan provinsi mengakomodir permintaan dari luar karena masih banyak ruang," tegasnya saat meninjau proyek BIY kemarin.

"Jalur tol dan kereta bisa dihubungkan di Maret 2020, saat Lebaran 2020, BIY bisa beroperasi 100 persen. "Desain besarnya kelihatan. Satu persatu diselesaikan. Ini nanti rampung semua terkoneksi," ujarnya.

Sementara Faik Fahmi menjelaskan, progress pembangunan BIY sudah mencapai 76,5 persen. Dirinya mengklaim pembangunan fisik bandara akan tuntas Desember 2019 dan pada 2020 bisa beroperasi penuh. "Paling lambat, full operation

Mei 2020 tapi fisiknya selesai Desember 2019 sehingga waktu total penyelesaian hanya 17 bulan," ungkapnya disela menerima kunjungan Presiden Jokowi.

Faik meyakini dengan beroperasinya BIY bisa mengatasi masalah kepadatan penerbangan di ADS sekaligus bisa memacu pertumbuhan ekonomi DIY dan Jateng seiring banyak penerbangan langsung dari luar negeri. Wisatawan manca negara bisa langsung ke Yogya lewat BIY tanpa transit di Bali atau Jakarta.

Diungkapkan, pemindahan penerbangan domestik dari ADS ke BIY akan dilakukan bertahap mulai 2020. Sedangkan 14 penerbangan yang saat ini sudah dilayani di BIY akan ditambah pada September. Sehingga nanti ada 28 jadwal penerbangan. Untuk penerbangan internasional direncanakan awal April 2020. "Fisik selesai Desember tapi karena peak season

maka kita menunggu agak longgar sehingga domestik mungkin di Januari atau awal Februari dan internasional biasanya mengacu pada summer and winter

atau musim panas dan musim dingin. Mungkin di April," ujarnya.

Sedangkan Gubernur DIY Sri Sultan HB X usai melepas Presiden Jokowi menegaskan, tol yang dibangun pemerintah hanya pada jalur Solo-Semarang. Sedangkan jalur tol yang akan terkoneksi dengan BIY dimungkinkan pada tol Cilacap-Yogyakarta dan itu bukan program pemerintah melainkan diprakarsai BUMN. Sultan mengakui keberadaan infrastruktur memang diperlukan untuk menunjang pariwisata. Tapi karena kepentingannya tidak hanya untuk lokal DIY melainkan juga terkait kawasan Yogya, Solo, Semarang (Joglosemar) maka masalah tersebut harus dirumuskan bersama.

"Untuk menunjang pariwisata, infrastruktur memang perlu dipenuhi tapi di sisi lain BIY belum beroperasi penuh, belum ada penerbangan internasional. Sehingga membuat DIY kesulitan memenuhi target dua juta wisatawan manca negara. Kalau penerbangan internasional BIY belum dibuka saya kira sulit memenuhi target. Tapi kalau 'airport'nya sudah ada penerbangan internasional, target bisa dikejar tapi kalau belum, paling hanya 400 ribu wisman," terangnya. (Rul)

 

 

BIY

BERITA REKOMENDASI