Terkena PHK, Buruh Curi Laptop dan HP

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat adanya pandemi Covid-19, buruh berinisial SA (27) diamankan jajaran Polsek Wates. Tersangka bersama temannya, SN yang masih buron telah mencuri 3 buah laptop dan 3 buah HP.

Kapolsek Wates Polres Kulonprogo Polda DIY, Kompol Endang Suprapto mengungkapkan, pelaku mencuri laptop dan HP di rumah warga di wilayah Karangwuni, Wates pada Sabtu (25/04/2020) silam. Pelaku masuk ke dalam rumah dengan cara mencongkel jendela dan membawa kabur barang-barang berharga.

Dari hasil pemeriksaan, tersangka mengakui melakukan pencurian bersama SN yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO). Mereka berboncengan sepeda motor dalam mencari sasaran. Barang hasil curian sempat dijual di Klaten, Jawa Tengah dan di Yogya.

“Sebelumnya, tersangka pernah di penjara selama 8 bulan dalam perkara psikotropika. Baru bebas pada Agustus 2019 dan sempat kerja di Bandung, Jawa Barat. Tersangka dikenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman maksimal 7 tahun penjara,” jelasnya.

Sementara SA mengaku mencuri karena terdesak kebutuhan ekonomi. Setelah bebas dari penjara sempat kerja di pengeboran di Bandung, Jawa Barat. “Adanya pandemi Covid-19 membuat perusahaan tempatnya bekerja merumahkan karyawan, termasuk saya. Terpaksa mencuri karena pulang ke Wates tidak ada pekerjaan. Laptop dijual seharga Rp 1.000.000, sedangkan HP belum dijual,” jelasnya. (M-4)

BERITA REKOMENDASI