Terminal Wates Sepi Pemudik

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Terminal Wates terlihat sepi penumpang sejak diberlakukan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) nomor 25/2020. Dalam waktu 14 hari sejak tanggal 13 sampai 26 April 2020 terdapat 40 penumpang berasal dari daerah zona merah turun di Terminal Wates dengan tujuan ke beberapa wilayah di Kulonprogo.

“Sejak diberlakukan pengendalian transportasi, terjadi penurunan drastis. Dalam waktu lima hari terakhir hanya terdapat satu penumpang yang turun di Terminal Wates,” ujar Kepala Seksi Pengelola Terminal, Dishub DIY Yunarti.

Menurutnya, Posko Covid-19 melakukan pendataan dan pengecekan suhu badan penumpang yang turun dan berangkat di Terminal Wates. penumpang diminta menjalankan protokol pencegahan penyebaran Covid-19.

Suasana sepi dari penumpang juga terjadi di Stasiun Wates. Sebelumnya, Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 6 Yogyakarta Eko Budiyanto mengakui suasana stasiun kedatangan dan pemberangkatan penumpang di Daop 6 Yogyakarta sepi menyusul ada penghentian sementara perjalanan KA jarak jauh, sebagian KA lokal mulai Jumat (24/04/2020) sampai Kamis (30/04/2020) mendatang.

Kusnul, petugas perlintasan palang pintu Teteg Kulon Wates mengatakan dalam waktu 24 jam tinggal 18 dari sebanyak 120 perjalanan KA yang melintas di jalur rel Wojo – Wates. Sebagian besar KA barang pengangkut semen, BBM dan KAParcel.

“Tidak ada perjalanan untuk KA penumpang. Sampai sekarang hanya KAbarang yang masih berjalan seperti biasa,” tutur Kusnul. (Ras)

BERITA REKOMENDASI