Tiga Durian Kulonprogo Jadi Varietas Unggul Nasional

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kulonprogo mendaftarkan tiga varietas durian lokal Kulonprogo ke Kementerian Pertanian (Kementan) untuk ditetapkan sebagai durian varietas unggul nasional. Indukan tanaman varietas lokal telah dipersiapkan untuk pengembangan memproduksi benih.

Varietas lokal tersebut diketahui dari tanaman durian milik warga Kalurahan Banjaroya, Kapanewon Kalibawang. Ketiga varietas durian lokal tersebut, meliputi durian cempli, kendil dan durian banjar. Umur indukan tanaman lebih dari 60 tahun yang hingga saat ini masih produktif berbuah.

”Varietas durian lokal Kulonprogo sudah didaftarkan dan sekarang sedang dalam proses di Kementan. Sebentar lagi harapannya sudah ditetapkan menjadi varietas unggul nasional,” ujar Muh Aris Nugraha, Kepala DPP Kulonprogo di Kawasan Embung Kleco, Kalurahan Giripurwo, Kapanewon Girimulyo.

Kementan melalui Pusat Perlindungan Varietas dan Perizinan Pertanian, katanya menetapkan dua varietas durian Kulonprogo menjadi varietas unggulan nasional. Meliputi varietas durian kuning dan jambon.

Sejak ditetapkan beberapa tahun lalu, terus memproduksi benih tanaman durian. Penetapan durian lokal menjadi varietas durian unggulan, berdampak terhadap kenaikan harga durian kedua varietas tersebut. ”Setelah lolos dalam proses pengujian, terdapat lima varietas durian Kulonprogo menjadi varietas unggulan nasional,” tuturnya.

Muh Aris Nugroho lebih lanjut menjelaskan durian lokal yang didaftarkan menjadi varietas unggul nasional, memiliki keunggulan yang tidak dimiliki varietas durian lain. Keunggulan durian cempli, memiliki perubahan warna kuning pada bagian pangkal buah jika durian sudah masak. Kemudian memiliki daging tebal dengan tekstur lembut tidak berserat dan pada biji atau pongge gepeng atau mengepis. (Ras)

BERITA REKOMENDASI