Tiga Parpol Siap Ajukan Calon Pimpinan DPRD

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Partai Politik (Parpol) yang menempati capaian tertinggi dalam Pemilu 2019 yakni PDIP, PAN dan Partai Gerindra akan mengisi pimpinan DPRD Kulonprogo. Ketiga parpol tersebut bersiap mengajukan beberapa nama untuk Ketua, Wakil Ketua I, dan II.

Jabatan Ketua Dewan bakal diisi oleh partai pemenang pemilu di Kulonprogo yakni PDI Perjuangan. Di pemilu 2019 ini,  PDIP memperoleh suara terbanyak dan mendapatkan 12 kursi. Periode sebelumnya, Ketua DPRD Kulonprogo dijabat Akhid Nuryati SE dari PDIP. Saat ini Ketua Sementara juga dijabat Akhid Nuryati sebelum pengisian alat kelengkapan (alkap) dewan terbentuk.]

"Masih menunggu dari DPP. Kami ajukan ke DPP tiga orang yakni Akhid Nuryati, Yuli Yantoro, dan Aris Syarifuddin. Sedangkan yang dipanggil untuk mengikuti fit and proper test pada 23 Agustus dua orang,  saya (Istana) dan Akhid Nuryati," tutur Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kulonprogo Istana SH MIP, Senin (26/08/2019).

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kulonprogo, Lajiyo Yok Mulyono menyatakan, pihaknya sudah ajukan nama ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra untuk posisi pimpinan dewan. "Sudah kami ajukan tiga nama untuk pimpinan, termasuk ketua fraksi yakni saya sendiri (Lajiyo), Sumardi, dan Sendy (Sendy Yulistya Prihandiny)," ujarnya.

Periode sebelumnya, Partai Gerindra mendapat posisi Wakil Ketua II DPRD Kulonprogo yang dijabat oleh Lajiyo Yok Mulyono. Di periode 2019-2024 ke depan Partai Gerindra juga mendapatkan posisi yang sama. "Mohon doanya, Senin (26/08/2019) saya dipanggil ke DPP. Kami menentukan kandidat yang akan diputuskan DPP berdasarkan berbagai pertimbangan, seperti perolehan suara dan jabatan struktural partai," kata Yok Mulyono.

Dikatakan Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Kulonprogo, Bukhori Burhanuddin, setelah mengusulkan dua nama ke DPP PAN, pihaknya mendapatkan Surat Keputusan (SK), nama yang akan diajukan sebagai pimpinan dewan. "Sudah fix, Pak Ponimin," katanya.

Sekretaris DPRD Kulonprogo Drs Y Irianta MSi menambahkan, hingga Senin (26/8) belum ada parpol (PDIP, PAN, Partai Gerindra) yang mengajukan calonnya untuk pimpinan. "Kemungkinan setelah tata tertib disahkan atau dalam pekan-pekan ini," ucap Irianta. (Wid)

BERITA REKOMENDASI