Tim Dompet ‘KR’ Salurkan Bantuan, Bernilai Lebih untuk Kaum Duafa

WATES, KRJOGJA.com – Bantuan sembako dari pembaca SKH Kedaulatan Rakyat (KR) untuk masyarakat terdampak Covid-19 benar-benar sangat bermanfaat. Hal itu mengingat saat ini banyak warga yang tidak bisa bekerja karena dampak pandemi virus Korona atau Covid-19. Selain itu juga masih banyak terdampak Covid-19 yang belum tersentuh bantuan pemerintah.

“Bantuan ini lebih bernilai karena kebetulan kita sedang memasuki bulan Ramadan, terlebih bagi kaum duafa,” kata Kiai Kelik, pengasuh Padepokan Kularan di Triharjo Wates Kulonprogo, usai menerima bantuan 25 paket sembako dari pembaca KR. Bantuan diserahkan oleh Ngabdul Wakid kepada Yusuf Mustofa, disaksikan Kiai Kelik dan Anik Kisworowati.

Menurut Kiai Kelik, wabah virus Korona saat ini baru merupakan ujian pertama bagi bangsa Indonesia dan bangsa-bangsa di dunia. Kalau masyarakat tidak dapat memahami dan menangkal ancaman wabah ini, tidak menutup kemungkinan akan muncul bencana kemanusiaan yang jauh lebih besar.

“Dalam kegiatan kami setiap malam Jumat Kliwon, kami selalu mengajak jamaan untuk bisa memahami dan mencermati tanda-tanda alam. Kami ajak mereka untuk selalu berdoa, berserah diri, dan selalu memmohon keselamatan kepada Allah,” tandasnya.

Diakui, tempat kegiatan sosial-keagamaan yang diasuh Kiai Kelik selama 40 tahun ini lebih tepat disebut sangga, padepokan atau pondok. Sebab, mereka yang diasuh di tempat tersebut tidak menetap dalam waktu lama, tetapi mereka sering datang dan pergi. “Bahkan kalau siang mereka pergi dan malam hari baru pulang. Mereka juga terdiri dari keuarga fakir, miskin, duafa, yatim, yatim piatu. Ada juga anak sakit jiwa dan bayi baru lahir yang diserahkan di pondok ini,” jelas Kiai Kelik.

Karena itu, bantuan dari Dompet KR dinilai sangat besar manfaatnya bagi anak-anak yang ada di pondok tersebut. Selama ini memang sering ada pihak-pihak yang membantu kebutuhandi pondok tersebut. Namun sejak Covid-19 mewabah, nyaris tidak ada yang membantu pemenuhan kebutuhan untuk anak-anak. “Semoga bantuan ini bermanfaat dan barokah,” ungkap Kiai Kelik. (Job)

BERITA REKOMENDASI