Tim Gabungan Razia Kendaraan, KIR Telat dan Tanpa Izin Trayek Dominan

Editor: KRjogja/Gus

PENGASIH (KRJOGJA.com) – Sebanyak 41 kendaraan terperiksa dalam  Operasi Gabungan di Buk Kuning Desa Margosari Kecamatan Pengasih, Rabu (21/03/2018). Dari jumlah itu yang terjaring 7 kendaraan terdiri 4 KIR-nya (pengujian kendaraan bermotor) terlambat dan 3 tanpa izin trayek. 

"Operasi tersebut sebagai upaya mengurangi tindak pelanggaran kendaraan angkutan barang wilayah Kulonprogo. Tim Gabungan dilakukan oleh Dinas Perhubungan DIY dan  Kulonprogo, serta institusi Polri, TNI, Satpol PP," ujar Drs Hera Suwanto MM Kepala Bidang Lalu Lintas  pada Dinas Perhubungan Kulonprogo.

Menurutnya, kelebihan Tonase dan Dimensi (Over Dimension Over Loading) memang isu utama berkaitan dengan kerusakan jalan raya. Beberapa pengusaha angkutan dengan berbagai alasan selalu membawa muatan di atas beban muatan yang dipersyaratkan. Dampak dari kelebihan beban tersebut secara pasti akan menimbulkan kerusakan jalan, yang semakin parah apabila kendaraan angkut selalu melebihi tonase.  

"Adanya operasi yang terus digalakkan dimaksudkan untuk meminimalkan pelanggaran Over Dimensi dan over loading (kelebihan dimensi dan kelebihan muatan). Selain itu mengurangi risiko kerusakan jalan, serta meningkatkan ketertiban pemilihan surat kendaraan dan kesadaran pemilik kendaraan angkutan/beban untuk selalu uji KIR secara rutin," ujar Hera. (Wid)

BERITA REKOMENDASI