TIM PKM-PM ITNY ‘Tandur Mangrove’ 1.000 Bibit Pohon

Editor: Agus Sigit

GALUR, KRJOGJA.com – Mahasiswa Teknik Sipil Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) yang tergabung dalam kelompok Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) melakukan Tandur/penanaman mangrove di Pantai Trisik, Desa Banaran, Kapanewon Galur, Kabupaten Kulonprogo.

Dosen pembimbing PKM-PM, Sely Novita Sari ST MT mengatakan, kegiatan ini bertujuan membantu masyarakat Desa Banaran mencegah abrasi pantai. “Kegiatan ini berkolaborasi dengan Karang Taruna Desa Banaran, salah satu progran kerja Karang Taruna berada di bidang lingkungan hidup,” ujar Sely Novita, Senin (06/09/2021).

PKM-PM beranggotakan 5 mahasiswa Teknik Sipil yaitu Ricko Rivaldo R. Do’o, Clara A. Ines Benge, Filipus Alfriyadi Junaidi, Faturrahman J Trumpi, Andri Daeng Salimung.
Sedangkan Ricko selaku ketua tim, dalam acara sosialisasi menjelaskan secara lisan melalui video singkat. Selain itu, sebagai bahan untuk panduan belajar masyarakat Desa Banaran adalah buku saku dan poster. Buku dan poster tersebut merangkum secara singkat pengertian mangrove, jenisnya, manfaat mangrove, alat dan bahan, cara penanaman serta cara merawat tanaman mangrove dengan bahasa yang mudah dipahami.

Sosialisasi juga dihadiri oleh Warso selaku Ketua Kelompok Tani Hutan (KTH) Wana Tirta sekaligus Penyuluh Hutan mangrove Kulonprogo mengaku senang dengan kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa ITNY ini. “Kami berharap kegiatan seperti ini dilanjutkan untuk kepentingan pengembangan tanaman mangrove,” katanya.

Disebutkan, jika ekosistem mangrovenya kembali, fauna juga akan membaik, hal ini tentunya akan menambah sektor pendapatan masyarakat di sini selain dari kegiatan wisata yang saat ini sedang turun.

BERITA REKOMENDASI