Tim Pustek UGM Berencana Lakukan Penelitian Di Kawasan Menoreh

Editor: KRjogja/Gus

KULONPROGO, KRJogja.com – Tim Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan Universitas Gadjah Mada (Pustek UGM) akan melakukan penelitian pemberdayaan masyarakat yang berkaitan dengan pengembangan ekonomi kerakyatan di kawasan Menoreh Kabupaten Kulonprogo. Kegiatan tersebut merupakan salah satu usaha untuk memperbaiki kondisi ekonomi rakyat setempat tanpa merusak kelestarian lingkungan.

“Untuk sementara, pada 2021 kawasan Menoreh yang akan kami lakukan pengembangan ekonomi baru di enam kalurahan dengan rincian empat kalurahan di Kapanewon Kalibawang dan dua kalurahan di Kapanewon Samigaluh. Kegiatan-kegiatan yang akan kami lakukan tentu membutuhkan partisipasi aktif masyarakat,” kata Prof Dr Catur Sugiyanto saat audiensi dengan Bupati Kulonprogo bersama jajarannya Ruang Sermo, komplek pemkab setempat, Selasa (16/3).

Tim Pustek UGM minta saran dan arahan kepada bupati terkait daerah yang akan diberdayakan. “Selama satu tahun, kami sudah melakukan penelitian dan identifikasi di sana. Selanjutnya kami mohon izin dan arahan Pemkab Kulonprogo agar saling terjalin integrasi antarlembaga yang berkelanjutan,” harapnya.

Bupati Drs Sutedjo mendukung kegiatan yang akan dilakukan Tim Pustek UGM. “Kami mendukung dan akan membantu rencana penelitian tentang pengembangan kawasan Menoreh, karena sejalan kebijakan Pemkab Kulonprogo. Kalau bisa tidak hanya di enam kalurahan saja, sekurang-kurangnya empat kapanewon,” ungkapnya.

Diingatkan, wilayah-wilayah yang jadi sasaran penelitian merupakan daerah konservasi, sehingga diharapkan dalam pengembangan ekonomi kerakyatan selalu memperhatikan dan menjaga kelestarian alam. (Rul)

UGM

BERITA REKOMENDASI