Tim Riset MAN 2 Wates Raih Dua Medali Emas IEI2C

Editor: Ary B Prass

KULONPROGO, KRJOGJA. com– Prestasi setaraf internasional kembali diraih MAN 2 Kulonprogo, yakni dua medali emas ajang Indonesia Education International Innovative Competition (IEI2C), sebuah kompetisi karya ilmiah setingkat internasional yang diadakan Indonesian Federation Publisher of Research Innovation (IFPRI). Kompetisi yang dihelat sejak 25 Mei dan diumumkan Kamis (24/06/2021) ini diikuti kurang lebih 100 peserta mulai tingkat SD hingga perguruan tinggi dengan empat kategori yakni Science, Technology, Business Plan, dan Junior Class.
“Selamat untuk Tim Riset MAN 2 Kulonprogo yang meraih medali emas. Ini bukti nyata komitmen kami sebagai madrasah riset yang terus melakukan upaya menumbuhkan semangat riset untuk peserta didik dan para guru. Adanya program riset ini, pembelajaran menjadi lebih menarik dan menantang. Peserta didik bukan lagi hanya memahami secara teoritis saja tetapi dapat mengimplementasikan teori,” ungkap Hartiningsih MPd Kepala MAN 2 Kulonprogo, Sabtu (26/06/2021).
Ia juga berharap dengan adanya  program riset di madrasahnya akan melahirkan generasi-generasi bangsa yang bisa berpikir kritis dan memiliki kemampuan problem solving. 
Seperti yang dituturkan Septiyana Baroroh SPd MSi Supervisior Riset MAN 2 Kulonprogo dari Edu Riset, dari dua tim yang dikirimkan, semuanya mendapat medali emas, dengan kategori Science. Tim riset pertama berjudul Gummy Candies based on Kenikir Extract (Cosmos Caudatus), Appetite Enhancing Supplements for Children. Tim riset kedua berjudul Edible Coating Based On Mangrove Leaf and Seaweed and It’s Application on Kelengkeng (Dimocarpus longan). 
“Setelah dilaksanakan bimbingan secara intensif dan rutin cara penyusunan proposal hingga pelaksanaan penelitian, dilakukan beberapa tahapan kompetisi,  mulai dari pendaftaran dan pengiriman abstrak penelitian, pengiriman paper penelitian dan video hasil penelitian hingga presentasi dengan juri secara daring melalui zoom, Alhamdulillah anak-anak riset MAN 2 Kulonprogo berhasil melaluinya dengan baik,” jelas Septiyana. (Wid)
Attachments area

BERITA REKOMENDASI