Tinalah Juara Empat Kategori Desa Wisata Digital

Editor: Ary B Prass

KULONPROGO, KRJOGJA.com- Desa Wisata Tinalah di Kalurahan Purwoharjo, Kapanewon Samigaluh dinobatkan sebagai juara empat Kategori Desa Wisata Digital oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Penyerahan trofi dan hadiah uang berlangsung pada Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 di Ciputra Artpreneur Jakarta Selatan.
Selain Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno, Malam ADWI 2021 bertemakan ‘Indonesia Bangkit’ juga dihadiri Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan diikuti para kepala daerah di antaranya Wagub DIY KGPAA Paku Alam X serta para perwakilan desa wisata dari 34 provinsi di seluruh Indonesia.
Wabup Kulonprogo Fajar Gegana mengapresiasi positif pengelola Desa Wisata Tinalah. Dengan daya kreatif dan inovatif mereka, desa wisata tersebut mampu bersaing dengan 1.830 peserta kemudian terkurasi menjadi 300 besar, 100 besar dan 50 besar desa wisata.
“Puncaknya Desa Wisata Tinalah mendapat penganugerahan sebagai juara empat kategori Desa Wisata Digital. Ke depan torehan prestasi bisa ditingkatkan sehingga kepariwisataan Kulonprogo semakin dikenal baik di tingkat nasional maupun manca negara,” jelasnya, Kamis (9/12/2021).
Kepala Dispar setempat, Joko Mursito mengatakan, pengelola Desa Wisata Tinalah mampu mengemas wisata alam, budaya dan sejarah dengan sentuhan teknologi informasi dan komunikasi secara digital. Dengan Aplikasi Baca Aura membuat wisatawan betah di Desa Wisata Tinalah.
“Digital tourism menjadi pemicu daya tarik wisatawan mendapatkan hiburan tak sekadar alam tapi juga jaringan internet lancar,” ungkapnya  didampingi Ketua Pengelola Desa Wisata Tinalah, Galuh.

BERITA REKOMENDASI