Tingkatkan Ekonomi Warga, Pelabuhan Tanjung Adikarto Berfungsi Sebagai Obwis

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Keberadaan Pelabuhan Perikanan Tanjung Adikarto tidak hanya untuk sektor perikanan saja, tapi juga bisa dimanfaatkan sektor lain salah satunya pariwisata. Menurut Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kulonprogo, Akhid Nuryati SE, jika penuntasan pembangunan Pelabuhan Tanjung Adikarto dilakukan pemerintah pusat maka Pemkab Kulonprogo harus mampu menginisiasi sehingga pelabuhan tersebut bisa dioptimalkan sebagai destinasi wisata. Rencana pemerintah pusat mengkaji ulang untuk melanjutkan pembangunan pelabuhan diharapkan mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi warga.

“Memang yang paling utama pemanfaatan Pelabuhan Tanjung Adikarto untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi dari sektor perikanan tapi tidak menutup kemungkinan juga untuk mendukung kebangkitan sektor pariwisata,” kata Akhid Nuryati, Senin (15/3/2021).

Pemanfaatan Pelabuhan Tanjung Adikarto sebagai objek wisata (obwis) cukup relevan, mengingat pelabuhan di muara Sungai Serang tersebut berdekatan dengan Obwis Pantai Glagah dan Yogyakarta International Airport dan itu jadi poin penting untuk mendongkrak wisatawan datang ke pelabuhan yang dibangun pada 2003 lalu tapi mangkrak.

“Pemerintah dan masyarakat Kulonprogo sudah lama mendambakan Pelabuhan Tanjung Adikarto beroperasi. Kalau kemarin alasannya soal kewenangan, ya monggo, kami di daerah menyerahkan ke Pemda DIY maupun pusat agar bisa diselesaikan pembangunannya sehingga pelabuhan bermanfaat,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI