Tingkatkan Kualitas, Penghulu Ikut Karya Tulis dan MBK

Editor: KRjogja/Gus

WATES (KRJOGJA.com) – Dalam upaya meningkatkan kualitas Penghulu, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kulonprogo menggelar seleksi Karya Tulis Ilmiah dan Musabaqoh Bahsul Kitab (MBK), di aula Kantor Kemenag setempat, Selasa (10/04/2018). Seleksi yang diadakan Seksi Bimas Islam, dibuka Kepala Kantor Kemenag H Nurudin SH MA diikuti calon penghulu, penghulu, maupun pejabat yang membidangi masalah kepenghuluan.

"Kedua kegiatan tersebut adalah untuk  meningkatkan pengetahuan dan wawasan keilmuan serta kecintaan membaca literatur berbahasa Arab. Untuk seleksi karya tulis ilmiah bertemakan peran "Penghulu dalam meningkatkan layanan dan bimbingan masyarakat muslim di wilayah kecamatan". Berharap peserta dapat berpegang bahwa hari ini lebih baik dari yang kemarin," ungkap Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kulonprogo H Nurudin SH MA.

Kepala Seksi (Kasi) Bimas Islam Kemenag Kulonprogo H Saiful Hadi SAg MSI menambahkan, memang belum semua KUA mengutus penghulunya untuk mengikuti seleksi baik karya ilmiah maupun MBK. "Diharapkan ke depan semua bisa ikut. Hasil kali ini untuk terbaik 1 bisa sebagai wakil untuk maju ke DIY. Kabupaten Kulonprogo sudah pernah juara I DIY serta juara nasional ke-4 dan 6 untuk MBK, sedangkan  karya tulisnya pernah juara 2 DIY," ujar Saiful. 

Latif Fuad Nurul Huda SAg MSI Penghulu di KUA Temon yang ikut MBK menyatakan, kegiatan ini merupakan unjuk memaksimalkan potensi penghulu untuk membaca kitab. "Hal ini penting karena untuk meningkatkan kajian-kajian yang ada hubungannya dengan kepenghuluan dalam bab nikah, karena tugas-tugas kepenghuluan banyak berhubungan dengan kitab-kitab ini dijadikan rujukan kasus-kasus nikah," kata Latif. (Wid)

 

BERITA REKOMENDASI