Tingkatkan PSN, Musim Penghujan Berpotensi Penyakit DBD

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulonprogo meminta kepada masyarakat untuk waspada terhadap potensi penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah meningkatkan intensitas pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) (Dinkes) setempat Rina Nuryati menjelaskan, akhir 2021 dan awal 2022 merupakan siklus penghujan. Pada masa ini, potensi penyebaran penyakit DBD akan meningkat karena ada kenaikan populasi nyamuk aedes aegypti yang menjadi penyebab DBD.

Berdasarkan data Dinkes, selama 2021 tercatat 884 kasus dan dari jumlah tersebut ada peningkatan signifikan sebanyak 62 kasus pada dua minggu terakhir di Desember. Dari keseluruhan kasus di tahun lalu bahkan ada enam kasus kematian.

“Kami mengimbau masyarakat semakin meningkatkan PSN dengan melakukan gerakan 3M. Menguras atau membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi dan ember. Menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren dan lain sebagainya. Serta mengubur barang bekas,” ungkapnya, Senin (17/1/2022).

BERITA REKOMENDASI