Tunggu IPL Gubernur Turun, Pembebasan Lahan Jalan Tol Yogya-YIA Dilakukan 2022

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Rencana pembangunan jalan tol dari Yogyakarta sampai Yogyakarta International Airport/ Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) saat ini baru pada tahap penerbitan izin penetapan lokasi (IPL) dari Pemda DIY.

Menurut Corporate Communication PT Jogjasolo Margo Makmur, Ahmad Izzi, pihaknya menargetkan pembebasan lahan jalan tol tersebut dimulai awal 2022. “Kalau beberapa izin sudah kita peroleh, kami ingin segera mulai tahap pembebasan lahan sesuai target kami yakni awal 2022. Rencana kerja kami, saat pembebasan lahan berjalan akan diiringi tahap pembangunan,” katanya di Kompleks Pemkab Kulonprogo, Selasa (28/9/2021).

Ruas jalan tol akan melewati enam wilayah kapanewon di Kabupaten Kulonprogo. Yakni Sentolo, Pengasih, Wates, Kokap, Temon dan Nanggulan. “Dari enam kapanewon tersebut ada 15 kalurahan yang menjadi titik lokasi dilewati jalan tol. Titik lokasi tol sudah kami petakan dalam pengajuan IPL pada Pak Gubernur DIY. Kami berharap IPL terbit sehingga kami bisa membebaskan lahan,” ujar Ahmad Izzi.

Diungkapkan, panjang jalan tol Yogyakarta-YIA sekitar 30 km dengan tiga entry exit masing-masing di wilayah Kapanewon Sentolo, Wates dan YIA. “Di sana akan ada simpang susun. Penentuan titik melalui kaidah kaidah teknis yang harus dipenuhi. Kalau memang harus melewati pemukiman padat penduduk, harus dilakukan. Tapi kami berupaya menghindari wilayah permukiman padat penduduk,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI