UAD Terjunkan KKN PPM, Kelola Limbah

PENGASIH, KRJOGJA.com –  Sebanyak 26 mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta diterjunkan dalam Kuliah Kerja Nyata Pengabdian pada Masyarakat (KKN PPM) Reguler 2019 di Desa Karangsari Kecamatan Pengasih. Mereka akan memfokuskan pada pengolahan limbah organik dan anorganik untuk dibuat menjadi souvenir ramah lingkungan.

Camat Pengasih Ir Aspiyah MSi mengapresiasi kegiatan KKN PPM UAD. Limbah ini bagian dari permasalahan di masyarakat, karena banyak dan belum maksimal dikelola dengan baik. "Potensi limbah hendaknya dikelola. Mahasiswa diharapkan menjadi akselerasi lebih cepat lagi untuk menularkan ilmu kepada masyarakat," kata Aspiyah.

BACA JUGA :

Mahasiswa KKN-UAD Dilepas ke Kebumen sampai Bengkulu

UAD Gelar Seminar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Dikatakan Vera Yuli Erviana MPd Ketua Tim sekaligus Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), kegiatan berlangsung 31 Juli hingga 29 Agustus, di tiga pedukuhan yakni Ngruno, Kedungtangkil, Ringinardi. "Kami memberikan bantuan komposter per pedukuhan 1, setrika, rak, alat cat dan cat warna-warni, alat lukis, dan lainnya," kata Vera yang didampingi Tim Teknis Iis Suwartinah MPd dan Ahmad Ahid Mudayana SKM MPh, saat mahasiswa  diterima Camat Pengasih dan Muspika, di aula pendopo kecamatan, Rabu (31/07/2019).

Tim Teknis, Iis Suwartinah menambahkan,  mahasiswa akan mengolah sampah atau limbah organik dan anorganik menjadi souvenir ramah lingkungan. Pihaknya mendapat hibah dari Kemenristek Dikti, sehingga terlaksananya program ini. 

"Nanti akan membentuk pula UMKM dan mengajarkan proses pemasaran. Limbah yang kami fokuskan adalah limbah cangkang telur, plastik, kertas dan daun. Sehingga ke depan diharapkan Desa Karangsari menjadi desa sentra kerajinan dari limbah yang ramah lingkungan dan kita akan pasarkan baik media online maupun wisata yang ada di Kulonprogo dan beberapa toko souvenir di Jogjakarta," ujarnya. (Wid)

 

 

BERITA REKOMENDASI