Uji Coba Aspal Buton Memuaskan, Rekomendasi Penggunaan Tunggu Analisa

Editor: KRjogja/Gus

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Hasil uji coba aspal Buton di jalan depan SD Serang Kalurahan Sendangsari Kapanewon Pengasih memang memuaskan. Ketahanan aspal tersebut selama dua setengah tahun dinilai cukup bagus dan tidak menunjukkan kerusakan berarti, tapi hal tersebut belum bisa menjadi dasar Bagian Pembangunan Setda Kulonprogo untuk mengeluarkan rekomendasi agar pemkab dalam membangun infrastruktur jalan menggunakan aspal Buton.

“Jika dilihat di lapangan, kondisi aspal buton yang dua tahun lalu di gelar di ruas jalan depan SD Serang Pengasih memang bisa dikatakan positif. Belum ada kerusakan berarti bahkan tergolong masih cukup bagus, sehingga untuk pemeliharaan tidak perlu dilakukan secara rutin, Berbeda dengan aspal minyak yang pemeliharaannya dilakukan setiap tahun,” kata Kabag Administrasi Pembangunan Setda setempat, Zahram Asurawan ST MT di sela pengecekan, Rabu (2/9).

Pengecekan kondisi aspal Buton yang merupakan uji coba dilakukan bersama unsur Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Dinas Perhubungan Kulonprogo serta Dirut PT Jawa Buton Nusantara, Dirjaya selaku produsen aspal tersebut. “Pengecekan kami lakukan untuk mengetahui ketahanan teknologi aspal Buton yang sudah digunakan untuk melapisi jalan sepanjang 30 meter dengan ketebalan tiga centimeter (cm) di depan SD Serang Pengasih sejak 26 Juni 2018 silam,” tegas Zahram.

BERITA REKOMENDASI