Unik, Menikah Tanggal 17, Mempelai Upacara Bendera Sebelum Ijab Qobul

Editor: KRjogja/Gus

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Pernikahan Sunarita (26) dan May Ji Dwi Anggara (25) warga Dusun Slanden Kalurahan Banjaroyo Kapanewon Kalibawang pada Senin (17/08/2020) tampak istimewa. Sebab pernikahan tersebut bertepatan dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI dan itu juga masuk dalam urutan dalam acara ijab qobul.

Sebelum acara akad nikah, keluarga pengantin, Ketua Kepala Urusan Agama (KUA) Kalibawang H Afwan Zuhdi SAg MA dan seluruh tamu diminta berdiri dan melakukan penghormatan kepada Bendera Merah Putih. Selanjutnya, menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia, dan pembacaan Teks Proklamasi oleh Afwan Zuhdi. Setelah itu barulah dilanjutkan dengan akad nikah.

May Ji Dwi Anggara, pengantin pria menyampaikan, pemilihan hari dan tanggal 17 Agustus 2020 atas saran simbahnya. Sebelumnya, pernikahan akan dilakukan pada September. Tetapi berdasar perhitungan simbahnya, hari yang telah ditentukan kurang baik, sehingga diputusan 17 Agustus. “Saya senang memperingati HUT RI sekaligus akad nikah. Ini suatu kenangan yang tidak terlupakan,” ujar May Ji.

Sedangkan Afwan Zuhdi mengatakan, KUA selalu siap melayani keinginan masyarakat untuk menikahkan meski tanggal merah atau hari libur. “Kebetulan sesuai dengan perhitungan keluarga pengantin, jatuh pada tanggal 17 Agustus. Ini tidak bisa diajukan dan diundurkan karena berdasarkan perhitungan orang Jawa,” ujar Afwan.

BERITA REKOMENDASI