Upacara Kemerdekaan, Tanamkan Jiwa Patriotisme

Editor: Ivan Aditya

SEMARANG, KRJOGJA.com – Ada nuansa meriah pada peringatan HUT Ke-74  Kemerdekaan RI di Kampus Merah Putih Sekolah Nasima Semarang, Sabtu (17/08/2019). Sekitar 1.500 siswa-siswi dari TK hingga SMA tumpah ruah memeriahkan HUT Kemerdekaan dengan mengenakan pakaian adat nusantara dan ikut dalam upacara bendera di Kampus Jalan Yos Sudharso Semarang.

Para orang tua murid pun ikut hanyut dalam nuansa kebahagiaan menyaksikan anak-anak mereka berbusana adat tradisional. Bahkan sebelum upacara mereka ikut melenggang dalam parade seni menyusuri lapangan upacara membawakan performen masih-masing adat istiadat sesuai busana yang mereka kenakan.

Drs H Ragil Wiratno MM, Ketua Dewan Pengawas Sekolah Nasima usai menjadi inspektur upacara kepada wartawan memaparkan bahwa sudah kesekian kalinya Nasima menggelar peringatan-peringatan nasional dengan melibatkan seluruh murid yang mencapai 1.500 orang. Termasuk para guru atau tenaga pengajar dari TK hingga SMA mencapai 200 guru.

"Peringatan Hari Kemerdekaan kali ini menjadi momentum bagi kami untuk menanamkan nilai-nilai ke-Bhinekaan kepada siswa-siswi dengan landasan nilai-nilai patriotisme atau cinta tanah air. Nilai ke-Bhinekaan diharapkan akan mampu menumbuhkan kesadaran hidup berbangsa dengan semangat persatuan dan kesatuan, meski kita menyadari bahwa Indonesia itu terbagi atas banyak suku, ras dan budaya," ungkap Ragil.

Aline, salah satu orang tua murid SD Nasima menyatakan terharu menyaksikan anak-anak mengikuti upacara bendera dengan pakaian adat. "Saya jadi ingat masa kanak-kanak lalu, kira-kira seperti mereka sekarang. Semoga apa yang ditanamkan pada anak-anak ini akan berpengaruh pada jiwa dan kepribadiannya nanti," papar Aline. (Cha) 

BERITA REKOMENDASI