Upaya Pencegahan Covid-19, Anak Muda Kulonprogo jadi Duta Perubahan Perilaku

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Dalam upaya memaksimalkan sosialisasi penerapan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Kulonprogo, maka pemerintah menunjuk 200 anak muda di kabupaten ini menjadi Duta Perubahan Perilaku oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

“Tugas Duta Perubahan Perilaku fokus mensosialisasikan disiplin 3 M, memakai masker, menjaga jarak dan hindari kerumunan serta yang terakhir mencuci tangan,” kata Ketua Sub Bidang Sosialisasi Perubahan Perilaku Satgas Pencegahan Covid-19, Dwi Listyawardani usai pelatihan Duta Perubahan Perilaku Kulonprogo, di Dapur Semar, Tempat Rekreasi Kuliner Keluarga, Beji Kalurahan/ Kapanewon Wates, Selasa (1/12).

Ditegaskan, disiplin 3 M wajib dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19. Dengan penerapan 3 M secara ketat akan meminimalisir risiko penularan virus. Sayangnya saat ini masyarakat khususnya di wilayah DIY justru mengabaikan prokes. Menurutnya mayoritas masyarakat DIY bersikap ngeyel dan terkesan menyepelekan prokes sehingga kasus Covid-19 melonjak tajam. Dalam upaya mengatasi hal tersebut maka para pemuda digerakkan untuk membantu ketugasan pemerintah dalam menggencarkan kembali sosialisasi 3 M.

Ratusan Duta Perubahan Perilaku tersebut akan diterjunkan ke masyarakat selama 14 hari. Selain bertugas mensosialisasikan disiplin 3 M, mereka juga mendata kelompok masyarakat yang enggan menerapkan prokes. Data dari para Duta Perubahan Perilaku nanti menjadi pegangangan satgas untuk melakukan tindakan lebih lanjut.

BERITA REKOMENDASI