UPZ Kankemenag Himpun Lebih Rp 700 Juta

Editor: Agus Sigit

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kankemenag Kulonprogo berhasil menghimpun dana zakat lebih Rp 700 juta selama tahun 2021. Dana dihimpun dari zakat penghasilan atau profesi Aparatur Sipil Negara (ASN) Muslim Kankemenag dan disetorkan ke Baznas Kulonprogo.

Ketua UPZ Kankemenag Kulonprogo, Drs H Muh Fauzi MPdI menyampaikan hal itu dalam Rapat Koordinasi UPZ Kankemenag di Kedai Kopinarak Kaliagung Sentolo, Jumat (10/12/2021). “Selanjutnya, kepengurusan UPZ periode 2017-2022 sudah akan berakhir dan pengurus banyak yang purnatugas. Untuk itu perlu pembaruan/pembentukan pengurus berikutnya periode 5 tahun mendatang. Hal ini berdasarkan Perbaznas No 2 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan tata kerja UPZ,” kata Fauzi.

Kasubbag TU Drs H Moh Mustolih mewakili Kepala Kankemenag mengharapkan pengurus baru harus segera dibentuk sesuai aturan yang ada. “Hal itu agar pengelolaan zakat di UPZ tetap berjalan dengan baik. Setelah pengurus terbentuk dapat menyelenggarakan rapat program kerja,” tuturnya.

Sementara itu, Penyelenggara Zakat dan Wakaf, Haris Widiyanto SH akhirnya secara otomatis menjadi Ketua UPZ pada periode selanjutnya. Karena berdasarkan SE Menteri Agama Nomor 2 Tahun 2018 tentang Pembentukan Unit Pengumpul Zakat Pada Kementerian Agama bahwa Ketua UPZ dijabat Penyelenggara Zakat Wakaf (exofficio), Sekretaris dijabat Kasubbag TU (exofficio), dan Bendahara dijabat pegawai pada Subbag TU.
“Untuk selanjutnya karena kepengurusan baru sudah terbentuk, maka susunan pengurus UPZ akan diajukan ke Baznas Kabupaten Kulonprogo untuk dimintakan persetujuan/Surat Keputusan,” ujar Haris. (Wid)

 

 

BERITA REKOMENDASI