Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia Kulonprogo Dimulai

Editor: KRjogja/Gus

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Kulonprogo total per 3 April yang sudah tervaksin tahap 1 dan 2 (tenaga kesehatan, pelayanan publik, lansia) mencapai 13.971 atau 13,4 persen dari sasaran yang sudah terdaftar. Untuk pekan ini sudah dilakukan vaksinasi pada lanjut usia (lansia) dengan menggunakan data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) sekitar 80.000 orang, namun dimulai usia 60-64 tahun sebanyak 23.880 orang.

“Data lansia sudah didistribusi ke puskesmas dan kalurahan untuk divalidasi dan segera dilakukan vaksinasi sesuai dengan ketersediaan vaksin. Hingga saat ini Dinkes Kulonprogo baru menerima 26.350 dosis, sudah tervaksin 13 ribu, sehingga tinggal 5 ribuan. Semoga segera mendapat kiriman, karena kita akan menyelesaikan dosis 2 pada dua pekan ke depan. Setelah itu kita akan mulai lagi dosis 1,” kata drg Baning Rahayujati MKes Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kulonprogo, Minggu (04/04/2021).

Dikatakan, untuk mempercepat ini, diharapkan vaksin segera datang, karena akan mulai dengan para guru. Pertimbangannya, bila pembelajaran tatap muka dimulai pada pertengahan Juli maka harus selesai vaksinasi dosis 2 satu bulan sebelumnya. “Sehingga ketika tatap muka dibuka sudah terbentuk kekebalan,” ujar Baning.

Pada pertengahan April ini meski sudah bulan puasa akan dimulai dengan vaksinasi pada guru, dari guru PAUD, SD, dan kemudian SMP. Beberapa Guru SLTA (SMA dan SMK) sudah divaksin oleh DIY. Jumlah guru yang tercatat di Dinkes sekitar 6.000, namun masih menunggu data terutama dari guru PAUD, karena PAUD ada yang dikelola kalurahan, sehingga dimungkinkan masih ada tambahan. (Wid)

BERITA REKOMENDASI