Vaksinasi di Kulonprogo Disesuaikan Vaksin yang Tersedia

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Sasaran pelayanan publik di Kabupaten Kulonprogo yang sudah masuk daftar sebanyak 30.000, namun baru tervaksin sekitar 5.000. Ini karena stok vaksin belum sebanyak sasaran. Sedang untuk fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) masih tetap 25 tempat, namun saat ini satu fasyankes belum dapat memberikan pelayanan karena petugas ada yang terpapar.

“Kami memang menyesuaikan vaksin yang ada. Kulonprogo sudah mendapat 3 kali kiriman vaksin, yakni 6.120 dosis untuk pelayanan kesehatan (tenaga kesehatan/nakes), kemudian untuk pelayanan publik 6.700 dosis dan 10.000 dosis. Vaksin yang ada untuk 8.350 sasaran,” kata drg Baning Rahayujati MKes Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kulonprogo, Minggu (21/03/2021).

Vaksin 10.000 dosis (untuk 5.000 sasaran) akan diberikan pada tokoh agama, pedagang pasar, jemaah haji, pelayanan publik yang dimungkinkan tertunda. Pelaksanaan direncanakan pada bulan puasa. “Sesuai rekomendasi MUI, bahwa vaksinasi tidak membatalkan puasa. Hanya saja kapasitas yang diturunkan petugasnya sehingga beban tidak terlalu berat,” terang Baning sambil menambahkan khusus data pedagang sesuai data dari dinas terkait.

BERITA REKOMENDASI