Vaksinasi Jaga Kiai Jaga Santri

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Vaksinasi Covid-19 merupakan salah satu upaya untuk membentuk kekebalan secara kelompok (herd immunity). Perlindungan dari pandemi Covid-19 tak terkecuali juga dilaksanakan untuk pondok pesantren. Ini dalam rangka untuk menjaga kiai dan santri pondok pesantren dari paparan Covid-19.

Hal itu dikatakan Kepala Kankemenag Kulonprogo, HM Wahib Jamil SAg MPd di sela-sela pelaksanaan vaksinasi di Pondok Pesantren Nurul Haromain Tuksono Sentolo, Kamis (09/09/2021). Pelaksanaan vaksinasi ini merupakan kerjasama Pemkab, Kankemenag, Baznas Kulonprogo, TNI, Polri, PCNU, dan PP Nurul Haromain. Sasaran sebanyak 2.000 orang yang terdiri kiai, ustadz, santri, unsur Badan Otonom NU Kulonprogo, dan masyarakat.

“Kita berharap agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir. Salah satu upaya kita adalah menyukseskan program vaksinasi ini. Sehingga diharapkan herd imunity ini segera terbentuk. Dengan demikian semoga semua bisa terhindar dari paparan Covid-19 ini,” imbuh Wahib Jamil.

Kakanwil Kemenag DIY, Dr H Masmin Afif MAg menyatakan bahwa vaksinasi tersebut sebagai upaya untuk pencegahan penyebaran Covid-19. “Meski sudah vaksin, tetapi jangan lengah, tetap taati protokol kesehatan,” kata Masmin Afif yang secara khusus menyampaikan terima kasih kepada Pengasuh PP Nurul Haromain KH Sirodjan Muniro yang telah memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi tersebut.

Senada dengan Kakanwil, Bupati Kulonprogo, Drs H Sutedjo juga berpesan kepada warganya agar tidak lengah. “Meski sudah vaksin tahap 1 atau 2, namun jangan lengah. Pandemi ini belum berakhir. Meski sudah ada penurunan level, namun protokol kesehatan harus tetap ditaati demi keselamatan bersama,” pesan Sutedjo. (Wid)

BERITA REKOMENDASI