Virus Gentong Rembes Semakin Mewabah, Hasto Bangga

Editor: KRjogja/Gus

LENDAH (KRJogja.com) – Bupati dr Hasto Wardoyo bangga virus gerakan gotong royong rakyat bersatu (Gentong Rembes) hingga menjelang akhir masa bhaktinya semakin mewabah. Hal tersebut tercermin dari banyaknya donatur bedah rumah baik yang berasal dari perseorangan, masyarakat Kulonprogo maupun pihak swasta.

Pernyataan tersebut disampaikannya saat ikut bergotong royong bedah rumah bersama warga di Pedukuhan Dukuh dan Cabean Desa Bumirejo Kecamatan Lendah. Bupati dr Hasto nampak terharu serta menyampaikan apresiasi positif melihat aimo masyarakat yang begitu tinggi dalam melakukan gotong royong. Trah keluarga Hardjo Suwito asal Desa Bumirejo Lendah mengumpulkan dana kepedulian sosial kemudian disumbangkan kegiatan bedah rumah.

"Model pengumpulan dana seperti ini bisa jadi contoh mengingat di Kulonprogo banyak 'trah' atau keluarga besar sehingga tercipta sikap saling peduli dan saling membantu, mengingat hakekat manusia adalah mahluk sosial," katanya.

Secara terpisah perwakilan keluarga besar Hardjo Suwito, Drs H Supriyadi mengatakan, ide mengumpulkan dana untuk membantu warga kurang mampu berawal dari pertemuan keluarga yang rutin dilaksanakan setiap dua bulan sekali. "Komunikasi dilaksanakan dengan menggunakan media sosial karena keluarga kami banyak di rantauan. Pengumpulan dana dilakukan melalui transfer ke rekening khusus dan bendahara melaporkan perkembangan saldo melalui media sosial," ujarnya, Kamis (18/8).

Dana yang terkumpul ternyata cukup besar bisa membantu empat warga kurang mampu yang jadi sasaran bedah rumah. "Bantuan untuk dua bedah rumah masing-masing Rp 10 juta telah kami salurkan pada April 2016 silam. Sedangkan bedah rumah bagi dua warga yang lain yakni pak Ngadiran di Pedukuhan Dukuh dan Legiman Pedukuhan Cabean kami laksanakan awal Agustus 2016," terangnya.

"Ke depan kami berencana mengelola dana yang terkumpul untuk pemberdayaan ekonomi produktif dengan harapan bisa meningkatkan taraf ekonomi keluarga kurang mampu," tutur Supriyadi.

Selain dari keluarga besar Harjo Suwito, dalam kesempatan bedah rumah tersebut juga diserahkan bantuan dari CPNS 2015 Kabupaten Kulonprogo. (Rul)

BERITA REKOMENDASI