Wabah Covid-19 Hentikan Program Bedah Rumah di Kulonprogo

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Program bedah rumah diberhentikan sementara untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19 meskipun permohonan pembangunan rumah tidak layak huni terus bertambah. Pemberian bantuan secara gotong royong bagi keluarga tidak mampu akan dilanjutkan setelah situasi aman dan tidak ada penularan virus Corona. Sejak melaksanakan program bedah rumah dari 2012 sampai 2019 berhasil membangun sekitar 1.100 rumah menjadi tempat tinggal layak huni.

“Permohonan bantuan program bedah rumah terus bertambah. Terdapat sekitar 20 proposal permohonan dari masyarakat belum ditindaklanjuti sejak program tersebut dihentikan,” ujar Jazil Ambar Was’an, Kepala Bagian Kesra Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Kulonprogo, beberapa waktu lalu.

Sekitar lima rumah yang telah dijadwalkan sampai akhir Maret 2020 tetap jalan. Pembangunan dikerjakan secara gotong royong oleh panitia dan masyarakat sekitar. Untuk menghindari kerumunan banyak orang tidak ada acara seremoni kehadiran pejabat dari pemerintahan.

“Pemkab tidak menjadwalkan terhitung sejak April untuk mencegah meluasnya penyebaran Covid-19. Kapan akan dilanjutkan, menunggu sampai situasi benar-benar aman,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI