Warga Dua Kalurahan Minta Jembatan Pekik Jamal Segera Diperbaiki

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Warga Kalurahan Ngestiharjo Kapanewon Wates dan Kalurahan Bojong Kapanewon Panjatan mendesak Pemerintah Daerah (Pemda) DIY segera memperbaiki jembatan Pekik Jamal yang menghubungkan dua kalurahan tersebut yang saat ini mengalami kerusakan cukup parah. Selain konstruksi jembatannya memang sudah tua, aspalnya sudah pada mengelupas dan papan dasar jembatan sudah banyak yang lapuk, sehingga mengancam keselamatan pengendara sepeda motor yang melintas di atas jembatan tersebut.

“Jembatan Pekik Jamal sangat vital sebagai akses warga dua desa (kalurahan) maupun jalur alternatif bagi warga yang ingin ke Wates maupun sebaliknya dari Wates ke pesisir selatan Kulonprogo. Sejak jembatan ini rusak lima tahun lalu, warga yang melintas khususnya pengendara sepeda motor harus hati-hati karena lantai jembatan banyak yang bolong,” kata Marinem (55) warga Ngestiharjo, Wates, Selasa (15/9/2020).

Akibat aspal yang melapisi jembatan tersebut banyak yang bolong dan pagar pembatas jalan banyak yang mulai kropos tidak jarang terjadi kecelakaan lalu lintas di atas jembatan yang merupakan jalur alternatif ke Pondo Pesantren Al Maunah pimpinan KH Suhadi Ishomulhadi tersebut. “Kalau kecelakaan di atas jembatan Pekik Jamal sudah terlalu sering, sehingga sekarang banyak warga menghindari lewat jembatan ini,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI