Warga Dua Kalurahan Minta Jembatan Pekik Jamal Segera Diperbaiki

Warga berharap, jembatan yang melintang di atas Bendung Pekik Jamal, Sungai Serang itu segera diperbaiki. Warga khawatir kalau jembatan tersebut tidak segera diperbaiki atau dibangun baru, kecelakaan demi kecelakaan akan terus terjadi. “Warga berharap jembatan ini segera diperbaiki, paling tidak bolong-bolongnya ditambal agar warga yang melintas merasa lebih aman,” tuturnya.

Wakil Bupati (Wabup) Kulonprogo Fajar Gegana saat meninjau langsung Jembatan Pekik Jamal bersama Ketua DPRD setempat Akhid Nuryati dan anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kulonprogo Aris Syarifudin mengaku prihatin atas kondisi jembatan dan sangat membahayakan pengendara sepeda motor maupun pejalan kaki.
Lantaran terdapat sejumlah lobang cukup lebar di lantai jembatan. Kerusakan jembatannya memang cukup parah, tapi karena Pemkab Kulonprogo tidak punya kewenangan memperbaiki infrastruktur itu maka pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemda DIY agar segera diperbaiki sehingga akses masyarakat menjadi lancar dan mobilitas pengangkutan hasil pertanian di dua kalurahan tersebut tak terkendala.

“Kita berharap jembatannya bisa segera diperbaiki, syukur-syukur membangun jembatan baru, mengingat kondisi jembatan mengkhawatirkan dari sisi keamanan dan keselamatan warga yang melintas,” tegas Wabup Fajar Gegana menambahkan Detail Engineering Design (DED) atau rencana detail teknis Jembatan Bojong-Ngestiharjo sudah selesai dibuat, tinggal merealisasikan.

Fungsi utama jembatan sebenarnya sebagai infrastruktur mengontrol saluran irigasi Bendungan Pekik Jamal tapi oleh warga juga digunakan akses jalan.(Rul)

BERITA REKOMENDASI