Warga Karangasari Jadikan Wedang Ayom Ayem Sebagai Ikon

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Ibu-ibu yang tergabung dalam Perempuan Indonesia Mandiri (Desa Prima) Kalurahan Karangsari Kapanewon Pengasih, membuat inovasi minuman Wedang Ayom Ayem. Minuman yang berwarna biru dengan bahan baku campuran empon-empon ini merupakan ikon Kalurahan Karangsari diluncurkan di Pendopo Balai Kalurahan setempat.

Peluncuran Wedang Ayom Ayem dihadiri Anggota Desa Prima, PKK, Anggota BPK, Pamong Kalurahan Karangsari, DP3AP2 DIY, dan Dinas Sosial Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak Kabupaten Kulonprogo. Dalam kesempatan tersebut juga dipamerkan makanan olahan hasil karya anggota Desa Prima Kalurahan Karangsari.

Dwi Djuwati pendamping Desa Prima dari DP3AP2 DIY, menyatakan, minuman memiliki warna dan rasa yang khas Kalurahan Karangsari Kapanewon Pengasih. Sehingga Wedang Ayom Ayem ini merupakan ikon Kalurahan Karangsari.

“Minuman ini akan dibuat serbuk dan dipacking per sachet, sehingga mudah dalam penyajiannya. Kami selaku pendamping akan membantu pemasarannya,” kata Dwi Djuwati.

Sedang Lurah Karangsari Mujirin mengatakan, Wedang Ayom Ayem ini tercipta berkat potensi yang ada di Kalurahan Karangsari. “Karangsari memiliki kekayaan terutama empon-empon, sehingga kami berinovasi menciptakan produk unggulan Karangsari,” ujarnya, Minggu (20/09/2020).

“Selain itu, Karangsari memiliki pula minuman lain yaitu Dawet Langit. Kami sajikan Dawet Langit kepada tamu-tamu. Kami juga terus berupaya untuk menyatukan hati antara Pemerintah Kalurahan dan masyarakat dengan melakukan inovasi di berbagai bidang. Ini sebagai upaya untuk menjadikan Karangsari yang terdepan,” tambah Mujirin. (Wid)

BERITA REKOMENDASI