Wujudkan Zero Pelanggaran, KPU – Bawaslu Komitmen

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – KPU dan Bawaslu Kabupaten Kulonprogo berkomitmen untuk melakukan tugas dan fungsi sesuai kewenangan masing masing, selalu saling bersinergi sehingga tahapan verifikasi partai politik (parpol) berjalan lancar tanpa pelanggaran.

Beberapa hal disepakati, diantaranya adalah penegasan untuk memperlakukan semua parpol calon peserta pemilu dengan sama dan adil. Memberikan prioritas pada sisi pencegahan serta membuka akses pengawasan sesuai dengan aturan perundang-undangan.

Hal itu merupakan komitmen yang terekap dalam rapat koordinasi terkait kegiatan verifikasi parpol KPU dengan Bawaslu Kabupaten Kulonprogo di Rumah Pintar Pemilu KPU setempat, Jumat (05/08/2022). Hadir Anggota Bawaslu Kulonprogo Panggih Widodo dan Wagiman, sedangkan dari KPU Ketua dan Anggota KPU beserta jajaran sekretariat.

Disampaikan Tri Mulatsih Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Kulonprogo, update pelaksanaan pendaftaran parpol diantaranya adalah pemilik akun Sipol sampai 4 agustus sejumlah 41 parpol nasional dan 8 parpol Aceh. Sedangkan untuk parpol yang sudah melakukan pendaftaran sejumlah 11 parpol, antara lain 8 parpol diterima dan 3 parpol harus melakukan perbaikan data dan dokumen pendaftaran.

“Untuk memfasilitasi parpol yang mengalami kesulitan selama masa proses pendaftaran hingga penetapan parpol, kami membuka helpdesk konsultasi setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB. Konsultasi juga dapat dilakukan melalui email, pesan online, pertemuan online ataupun melalui tatap muka,” kata Tri Mulatsih.

Ketua Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kulonprogo Panggih Widodo menuturkan pihaknya ikut berperan dalam verifikasi parpol. “Bawaslu mempunyai tiga tugas yaitu tugas pencegahan, tugas pengawasan dan tugas penanganan pelanggaran,” ujar Panggih.

Tugas pencegahan dalam verifikasi parpol, lanjut Panggih, diantaranya memberikan surat himbauan ke KPU Kabupaten, ke parpol, dan himbauan netralitas untuk ASN, TNI/POLRI, kepala kalurahan/kelurahan dan pejabat publik lainnya. Dalam menjalankan ini Bawaslu juga melakukan koordinasi dan sosialisasi kepada seluruh parpol serta seluruh masyarakat umum.

“Dalam menjalankan tugas pengawasan, kami memastikan pelaksanaan verifikasi parpol di wilayah Kulonprogo berjalan dengan lancar dan aman ” ucapnya. (Wid)

BERITA REKOMENDASI