YIA Jadi Percontohan, AP I Simulasi Penggunaan GeNose C-19 Di 15 Bandara

KULONPROGO, KRJOGJA.com – PT Angkasa Pura (AP) I simulasi penggunaan alat deteksi Covid-19 GeNose C-19 di 15 bandara kelolaan yang dilakukan secara bertahap. Simulasi tersebut merupakan tahap persiapan yang dilakukan operator bandara sebelum diputuskan mengenai kelayakan implementasi GeNose C-19 sebagai salah satu alat deteksi Covid-19 di bandara oleh regulator terkait di sektor transportasi udara.

“Yogyakarta International Airport (YIA) menjadi percontohan simulasi GeNose C-19 . Kemudian 25 Maret simulasi dilanjutkan di Bandara Juanda Surabaya dan April 2021 mendatang simulasi akan dilakukan di 13 bandara kelolaan lainnya,” kata Direktur Utama PT AP I Faik Fahmi dalam rilis, Kamis (18/3).

Sementara Direktur Operasional PT AP I Wendo Asrul Rose yang menyaksikan langsung simulasi GeNose di lantai mezzanine area keberangkatan YIA mengatakan, simulasi GeNose di YIA tidak melibatkan penumpang tapi komunitas bandara seperti pegawai maskapai, pegawai bandara, pegawai ground handling dan lainnya. “Fasilitas dan peralatan yang disediakan dalam simulasi perdana di YIA meliputi tiga unit mesin GeNose, 300 kantong GeNose, lima bilik pemeriksaan, ruang isolasi, dua bilik pengambilan hasil, sejumlah tenaga medis, sejumlah tenaga administrasi dan petugas umum yang bertugas mengatur antrean,” kata Wendo.

BERITA REKOMENDASI