YIA Jadi Percontohan, AP I Simulasi Penggunaan GeNose C-19 Di 15 Bandara

Setelah dievaluasi berdasarkan hasil pemantauan, durasi layanan GeNose mulai dari pendaftaran hingga pengambilan hasil ialah 12 menit. Pihak PT AP I masih akan melakukan penyesuaian dan improvisasi agar pelayanan bisa lebih singkat. Termasuk pemanfaatan teknologi sebagai sarana pendataan.

AP I belum bisa memastikan kapan pelayanan tes GeNose diterapkan bagi pengguna jasa penerbangan di YIA. Pihaknya mengaku masih menunggu keputusan dari Gugus Tugas Covid-19 Nasional serta Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub RI beserta petunjuk teknis pelayanan GeNose. Kendati demikian, Asrul berani memastikan tarif setiap tes GeNose lebih murah ketimbang rapid test antigen yang kini sudah disediakan. Hanya saja Asrul belum berani menyampaikan harga untuk pelayanan Genose. (Rul)

Tentang jumlah perangkat GeNose yang akan disediakan di YIA, Wendo mengatakan akan disesuaikan dengan sejumlah faktor. Termasuk jumlah rata-rata penumpang pesawat di bandara masing-masing setiap harinya. “Semua harus kita hitung secara detail. Tidak hanya alatnya tapi juga kantung plastik sampelnya karena produksinya terbatas,” imbuh Asrul.

Kepala Sub Direktorat Standarisasi Keselamatan Bandar Udara Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI, Dwi Afriyanto menjelaskan, saat ini belum ada legal standing tentang penggunaan Genose pada jasa penerbangan. Pihaknya berharap pada 1 April 2021 mendatang segera ada legal standingnya. (Rul)

BERITA REKOMENDASI