YIA Tambah 26 Penerbangan Setiap Hari

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Menjelang musim mudik Lebaran 2022, jumlah penerbangan di Yogyakarta International Airport (YIA) bertambah.

Menurut Pejabat Tugas Sementara General Manager (PTS GM) YIA, Agus Pandu Purnama, ada 26 penambahan rute untuk mengakomodir arus mudik dan balik yang diajukan oleh maskapai penerbangan Lion Group, Citilink, Garuda dan Batik.

Sementara jumlah penerbangan pada hari biasa rata-rata 50 penerbangan. Sehingga dengan adanya tambahan rute tersebut maka YIA akan melayani sekitar 76 penerbangan setiap hari.

“Dimulai tanggal 20 April sampai 1 minggu setelah Lebaran, tercatat di tempat kami ada permohonan 26 penambahan penerbangan. Rinciannya 22 ekstra flight, kemudian empat memanfaatkan izin rute yang sudah ada. Penambahan terdiri dari Lion Group, yang ada penambahan ke luar Jawa yaitu Ujung Pandang, Balikpapan, Banjarmasin. Sisanya tujuan Cengkareng, baik itu Citilink maupun Garuda,” kata Pandu di YIA, Kamis (21/04/2022).

Selain maskapai tersebut akan ada tambahan rute penerbangan oleh PT Pelita Air Service (PAS) (anak usaha Pertamina berbisnis di bidang penerbangan). Maskapai tersebut sekarang sedang melakukan proses proving flight, uji operasional guna memastikan kesiapan maskapai untuk mengoperasikan sebuah rute baru.

Jika proses ini berhasil rencananya Pelita Air bisa beroperasi di YIA mulai 28 April besok. Dengan adanya penambahan tersebut maka manajemen perusahaan PT Angkasa Pura (AP) I, YIA akan menambah jam operasional hingga malam hari.

Jika sebelumnya YIA hanya beroperasi dari pukul 07.00 – 18.00 WIB maka ke depan jadi pukul 07.00 – 21.00 WIB. “Karena ada yang mengajukan terbang di malam hari yaitu Lion Group ke Balikpapan dan Banjarmasin sehingga kami mengubah jam operasi hingga pukul 21.00 WIB. Ini juga untuk mengantisipasi permintaan dan lonjakan jumlah penumpang,” jelas Agus Pandu.

Lebih lanjut Pandu mengungkapkan, pada musim mudik dan balik Lebaran 2022 diprediksikan jumlah penumpang mengalami kenaikan cukup signifikan bisa mencapai 12.000 orang perhari. Artinya ada kenaikan sampai 100 persen dibanding hari-hari sebelumnya yang hanya sekitar 4.000-6.000 penumpang.

“Prediksi kami bisa sampai 12.000 orang perhari, sehingga naik 100 persen. Sekarang rata-rata jumlah penumpang kita di kisaran 6.000 dan sekarang trennya memang naik, hari ini kita catat ada 6.300an penumpang,” ungkapnya. (Rul)

BERITA REKOMENDASI