YIA Wujud Layanan Bandara Berkelas Dunia

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Direktur Utama (Dirut) PT Angkasa Pura (AP) I, Faik Fahmi menegaskan, keberadaan Yogyakarta International Airport/ Bandara Internasional Yogyakarta (YIA/ BIY) di Kepanewon Temon diyakini akan memberikan kontribusi yang luar biasa dari berbagai sektor. Perekonomian masyarakat bisa meningkat dan pariwisata juga menjadi berkembang pesat.

“YIA merupakan bentuk kontribusi kami untuk menghadirkan layanan bandara berkelas dunia dengan mengutamakan aspek kenyamanan, keamanan dan keselamatan bagi seluruh pengguna jasa bandara sekaligus solusi atas permasalahan ‘lack of capacity’ yang terjadi di Bandara Adisutjipto. Dengan adanya penambahan daya tampung yang signifikan tentu akan meningkatkan jumlah penumpang termasuk wisatawan dari berbagai penjuru dunia,” katanya disela Peresmian YIA oleh Presiden RI Joko Widodo, Jumat (28/8/2020).

Ditegaskan, YIA dibangun dengan investasi dana Rp 11,3 triliun dengan rincian Rp 7,1 triliun pembangunan fisik dan Rp 4,2 triliun pembebasan lahan. Dengan luas terminal 219.000 meter persegi dan total luas area bandara mencapai 587 hektare, menjadikan YIA sebagai salah satu bandara terbesar di Indonesia dengan kapasitas saat ini bisa menampung 20 juta penumpang pertahun atau 11 kali lebih besar dari Adisutjipto yang hanya bisa menampung 1,6 juta penumpang pertahun.

“Pada kapasitas ultimate, YIA nanti dapat menampung hingga 24 juta orang pertahun,” tegas Faik.

BERITA REKOMENDASI