Zaenuddin/Jarwanto Juara Turnamen Tenis Pensiunan

Editor: KRjogja/Gus

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Pasangan Zaenuddin/Jarwanto keluar sebagai juara turnamen tenis bagi pensiunan setelah menang walk out (WO) atas pasangan Nasirun/Riyadi di lapangan tenis Alun-alun Wates, Minggu (09/02/2020). Juara ketiga diraih pasangan Heri Purwata/Poniman setelah mengalahkan Agus Maryanto/Bambang Sucipto 8-7.

“Pak Nasirun ada kepentingan keluarga sehingga tidak bisa melanjutkan pertandingan final memperebutkan juara 1 dan 2,” kata Saiman, pimpinan pertandingan menjelaskan tentang partai final.

Lebih lanjut Saiman menjelaskan turnamen tenis perorangan bagi pensiunan ini digelar Purna Tennis Club (PTC) bersama Pelti Pengcab Kulonprogo. Peserta sebanyak 24 pemain atau 12 pasang dan dibagi menjadi empat pool.

Pool A, kata Saiman, terdiri Sawiyo/Nursalim, Martinus/Suroso, dan Heri Purwata/Poniman. Pool B, Bambang Sucipto/Agus Maryanto, Susanto/Joko, dan Paimun/Hardono. Pool C, Nasirun/Riyadi, Edy Purwanto/Sabikis, dan Erlan/Aryadi. Sedang Pool D, Zaenuddin/Jarwanto, Sumardi/Fuad, dan Ari/Widiyanto.

Sedang Erlan Djuanda, ketua panitia mengatakan ide turnamen tenis ini karena selama ini tidak ada wadah bertanding khusus bagi pensiunan. Ada beberapa turnamen yang dilaksanakan Pelti Kulonprogo, tetapi para pensiunan ini tidak banyak yang ikut.

Karena itu, turnamen ini menjadi ajang para pensiunan untuk bertanding dengan sesama pemain yang sudah purna tugas dengan umur yang relatif sama. “Peserta umur minimal 58 tahun, tetapi ada yang sudah hampir 80 tahun. Saya berpesan, kalau tidak kuat jangan malu-malu untuk ‘lempar handuk’ atau menyerah,” kata Erlan.

Amin Kurnanta, Ketua Pengcab Pelti Kabupaten Kulonprogo mengatakan olahraga tenis bisa dilakukan segala umur. Tetapi dengan catatan masih sesuai dengan kapasitasnya. “Misalnya, umur 30 tahun porsi latihan berbeda dengan usia 60 tahun. Para pensiunan ini saya sarankan bermain sesuai kapasitasnya,” ujar Amin.

Menurutnya, untuk berolahraga tenis yang memiliki adrenalin tinggi harus berlatih setiap hari. Peserta turnamen tenis PTC Cup ini merupakan pemain pilihan. Mereka berusia mendekati 60, bahkan ada yang hampir 80 tahun, tetapi masih bermain. “Ini berkat mereka latihan secara rutin satu atau dua set setiap jadwal berlatih,” katanya. (Wid)

 

BERITA REKOMENDASI