Kunjungan Wisatawan Naik, Perkembangan Kasus Tahun Lalu Harus Jadi Pelajaran

YOGYA, KRJOGJA.com – Usai musim libur lebaran, tingkat kunjungan wisatawan ke Kota Yogya cenderung mulai melonjak. Masyarakat diimbau mampu belajar dari perkembangan kasus tahun lalu agar kebangkitan ekonomi berjalan ideal.

Wakil Walikota Yogya Heroe Poerwadi mengungkapkan, pada tahun lalu saat puncak kunjungan wisatawan diiringi kenaikan kasus Covid-19 yang tinggi. Terutama periode Agustus, September dan Oktober.

“Kita sebagai manusia harus bisa belajar dari pengalaman. Sekarang saya lihat kunjungan wisatawan cukup tinggi. Jangan sampai angka kasusnya juga meningkat seperti tahun lalu,” jelasnya, Selasa (7/6/2021) malam.

Pada musim lebaran kemarin, kunjungan wisatawan tergolong tinggi. Dua pekan setelahnya atau selama masa inkubasi virus Corona, perkembangan kasus di Kota Yogya pun tercatat landai. Sedangkan dalam sepekan ini, terutama akhir pekan lalu, hampir semua destinasi wisata di Kota Yogya pun dipadati wisatawan.

Heroe berharap, selama dua pekan ke depan juga tidak ada laporan peningkatan atau laju pertambahan kasus yang signifikan. Oleh karena itu, tantangan sekarang saat tingkat kunjungan wisatawan meningkat ialah saling seimbang dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes). Warga Kota Yogya yang sudah disiplin prokes diimbau tidak segan mengingatkan wisatawan maupun sebaliknya.

BERITA REKOMENDASI