Laju Covid-19 Usai Lebaran Optimis Terkendali

YOGYA, KRJOGJA.com – Membludaknya tingkat kunjungan wisatawan selama libur lebaran tahun ini sempat dibayangi dengan naiknya kasus Covid-19. Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogya tetap optimis usai lebaran masih tetap terkendali.

Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogya Heroe Poerwadi, menjelaskan sepekan sejak libur lebaran tiba, perkembangan temuan kasus harian masih cukup terkendali. “Beberapa hari ini kasusnya rendah padahal sudah hari ke sembelan setelah lebaran. Beberapa hari bahkan sempat tidak ada tambahan kasus harian. Jika ada tambahan kasus, maka hanya ada satu atau dua temuan kasus harian saja,” jelasnya, Kamis (12/5/2022).

Meskipun tambahan kasus harian relatif rendah, namun Heroe mengingatkan masyarakat bahwa pandemi Covid-19 masih belum berakhir. Pihaknya pun tetap meneruskan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) untuk memastikan Covid-19 di Indonesia terkendali.
Namun demikian, satgas masih akan menunggu hingga sepekan ke depan.

Hal ini karena kecenderungan peningkatan kasus akan terjadi setelah dua pekan sesuai masa inkubasi. Apalagi hingga saat ini tingkat kunjungan masih tinggi. Libur panjang pun masih terjadi pada akhir pekan karena diikuti hari libur nasional.

“Kami akan tetap melihat perkembangan selama satu pekan ke depan. Mudah-mudahan memang tidak ada kenaikan kasus yang signifikan,” imbuh Heroe.

BERITA REKOMENDASI