Layanan Dukcapil Bakal Beralih ke JSS

YOGYA, KRJOGJA.com – Layanan kependudukan dan pencatatan sipil (dukcapil) online seluruhnya akan beralih ke aplikasi Jogja Smart Service (JSS). Akan tetapi untuk tahap awal peluncuran akan menjangkau layanan permohonan Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Tanda Penduduk (KTP) serta akta kelahiran dan akta kematian.

Layanan dukcapil online yang diberikan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Yogya selama ini melalui Whatsapp (WA) khusus. “Kalau melalui WA ini kan ada kuota harian. Tetapi jika nanti melalui JSS, berapapun permohonan yang masuk bisa kita penuhi. Namun rentang waktunya bisa kita informasikan lebih lanjut,” urai Kepala Bidang Pelayanan Dindukcapil Kota Yogya Bram Prasetyo, Senin (19/4/2021).

Sistem dukcapil online melalui JSS saat ini masih disempurnakan oleh perangkat daerah lain yakni Dinas Komunikasi Informatikan dan Persandian. Diharapkan akhir bulan ini sudah ada peluncuran, khususnya untuk empat jenis layanan yakni permohonan KTP, KIA, akta kelahiran dan akta kematian. Sementara untuk proses sosialisasi sudah dilakukan dua kali dengan sasaran petugas di 14 kemantren dan 45 kelurahan. “Besok juga kita jadwalkan sosialisasi untuk petugas internal terutama bagi operator dinas,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI